Dorong pertumbuhan ekonomi digital, VMware rangkul Aptikom

Dorong pertumbuhan ekonomi digital, VMware rangkul Aptikom
Kerja sama VMware dengan Aptikom
Jakarta (Teclovers) - Penyedia layanan infrastruktur cloud dan business mobility VMware bekerja sama dengan Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer Indonesia (Aptikom), sebagai kontribusi mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

Dalam kerja sama ini, VMware akan membantu pembekalan dan peningkatan pengetahuan serta kecakapan teknis tepat guna dalam bidang teknologi virtualisasi dan cloud bagi mahasiswa berikut staf pengajar dari 99 universitas dan perguruan tinggi yang terlibat.

Kolaborasi ini diharapkan membuka peluang bagi mahasiswa dan seluruh civitas akademika melalui kurikulum yang akan diberikan beserta Pusat Riset Virtualisasi dan Cloud yang dibentuk bersama Aptikom, kata VMware dalam pernyataan persnya di Jakarta, Jumat.

VMware mengklaim bahwa Kerja sama ini merupakan pionir, untuk pertama kalinya sebuah perusahaan berkolaborasi dengan Aptikom merancang sebuah kurikulum sekaligus menyediakan pelatihan baik bagi mahasiswa maupun dosen dalam rangka turut mendorong pemberdayaan dan menyiapkan angkatan kerja digital generasi masa depan bagi Indonesia.

Dengan lebih dari 106 juta perangkat mobile terkoneksi [GSMA Mobile Economy Asia Pacific 2015] dan memiliki lebih dari 42 juta pengguna Internet [Internet Live Statistics], ekonomi digital di Indonesia dinilai siap untuk bertumbuh dan berkembang dengan pesat, diiringi dengan belanja IT yang diperkirakan akan mencapai total sekitar Rp232,4 tirliun di tahun 2020.

Selain menyediakan dukungan bagi 99 universitas dan perguruan tinggi di Indonesia, lima Pusat Riset yang akan dikembangkan oleh Aptikom juga akan dilengkapi dengan kurikulum mengenai Virtualisasi dan Cloud yang telah dilokalisasikan dan rencananya akan didirikan di Palembang, Jakarta, Makassar, Bali, serta Banjarmasin.

“Bersama VMware, perusahaan penyedia infrastruktur virtualisasi dan cloud terkemuka, kemitraan yang kami jalin bersama ini diharapkankan akan dapat membekali mahasiswa di seluruh Indonesia melalui sebuah program yang holistik yang meliputi program akademik hingga pelatihan teknis,” tutur Profesor Richardus Eko Indrajit, Ketua Dewan Penasihat Aptikom.

"Seiring dengan kemajuan Indonesia dalam rangka mengembangkan ekonomi digital, kami merasa terhormat sekaligus bangga dapat bermitra dengan APTIKOM bersama 99 universitas di Indonesia dalam rangka membangun dan memperkuat angkatan kerja digital nasional untuk turut mendukung bisnis terus bertumbuh dan berkembang dengan di era mobile-cloud saat ini,” tutur Adi Rusli, Senior Director & Country Manager, VMware Indonesia.

COPYRIGHT © Teclovers.com 2016

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Recommended

Latest Posts

Gadget

Tips & Trik

Tag Terpopuler