Lintasarta bangun data center baru

Lintasarta bangun data center baru
Arya N. Soemali, IT Services Director Lintasarta (kiri) dan Arya Damar, President Director Lintasarta (kanan) saat peluncuran fasilitas Data Center baru berstandar internasional yang bernama Lintasarta Technopark Data Center pada Senin (26/9/2016) di Pullman Hotel, Jakarta.
Jakarta (Teclovers) - PT Aplikanusa Lintasarta (Lintasarta) secara resmi mengumumkan peluncuran fasilitas Data Center baru berstandar internasional yang bernama Lintasarta Technopark Data Center pada Senin (26/9) di Pullman Hotel, Jakarta.

Fasilitas data center baru itu merupakan upaya Lintasarta untuk menjadi penyedia layanan Data Center terbaik kepada pelaku industri, setelah fasilitas Data Center yang berlokasi di Jatiluhur diluncurkan pada awal tahun 2016 lalu.

Lintasarta Technopark Data Center telah tersertifikasi Data Center Tier III untuk kategori Tier Certification for Constructed Facilities (TCCF) dari Uptime Institute. Sertifikasi ini melengkapi sertifikat Data Center Tier III kategori Tier Certification of Design Documents (TCDD) yang telah didapat sebelumnya.

Presiden Direktur Lintasarta Arya Damar mengatakan, fasilitas terbaik menjadi jaminan Lintasarta Technopark Data Center dalam memberikan keamanan dan kenyamanan kepada para pelaku bisnis dari berbagai sektor industri.

Uptime Institute, kata Arya Damar, merupakan lembaga internasional yang memiliki standar sistem klasifikasi Tier untuk para provider data center di seluruh dunia. Uptime-pun telah melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap Lintasarta Technopark Data Center hingga dinyatakan telah memenuhi persyaratan serta standar Data Center Tier III untuk TCCF.

Menurut Arya, saat ini pelaku bisnis dari berbagai sektor industri seperti perbankan, asuransi, pemerintahan, minyak dan gas (migas), pertambangan, transportasi, dan kesehatan menuntut layanan Data Center dengan tingkat availability yang semakin tinggi. Hal ini untuk memastikan  kegiatan operasional perusahaan bisa tetap berjalan tanpa gangguan berarti.

Lintasarta mengklaim fasilitas data center-nya itu memberikan jaminan kualitas layanan dengan beberapa keunggulan di antaranya, kecanggihan teknologinya dalam meningkatkan efisiensi.

Data Center dengan luas 2.200 m2 itu memiliki kemampuan memberikan daya terus menerus dari teknologi Diesel Rotary Uninterruptible Power Supplies (DRUPS) dan sistem pendinginan yang berjalan terus menerus (continuous cooling), sehingga mampu mendukung komputasi berdensitas tinggi.

Lintasarta juga menyertakan keamanan yang tinggi dengan menerapkan sistem keamanan berlapis, termasuk penjaga ganda keamanan, kontrol akses biometrik, CCTV dan Man-Trap berjalan selama 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu.

Data Center ini juga dilengkapi dengan sistem proteksi kebakaran Very Early Smoke Detection (VESDA), smoke detector, dan Novec 1230 Fire Suppression System yang membuat proses pencegahan dan pemadaman api berjalan cepat.

Arya menambahkan, keunggulan ketiga Lintasarta Technopark Data Center adalah Green Data Center atau Eco Friendly yang membuatnya ramah terhadap lingkungan serta memiliki efisiensi tinggi untuk jangka panjang.

Senior Director of Asia Pacific Development of Uptime Institute, Thomas Baehr, mengatakan, dengan telah diperolehnya sertifikasi Data Center Tier III untuk kategori TCCF dan TCDD membuat Lintasarta Data Center masuk ke dalam Data Center kelas dunia.

Lintasarta Technopark Data Center juga tersertifikasi ISO diantaranya IS0 9001:2008 tentang sistem manajemen mutu, ISO 27001:2013 tentang sistem manajemen keamanan informasi, ISO 14001:2013 tentang sistem manajemen lingkungan, ISO 20000-1:2011 tentang manajemen layanan teknologi informasi dari British Standards Institution (BSI) dan sertifikasi OHSAS 18001: 2007 tentang sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja.

Melengkapi daftar sertifikasi, Data Center ini juga telah mendapatkan PCI DSS (Payment Card Industry Data Security Standard) yaitu sertifikasi standar keamanan informasi yang diwajibkan kepada lembaga yang menangani atau berkaitan dengan informasi pemegang kartu (kartu kredit, kartu debit, dll).

COPYRIGHT © Teclovers.com 2016

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Recommended

Latest Posts

Computing & Software

Gadget

Tag Terpopuler