NVIDIA Jetson TX1, modul mungil kemampuan jenius

NVIDIA Jetson TX1, modul mungil kemampuan jenius
NVIDIA Jetson TX1
Jakarta (TecLovers) - NVIDIA siap memproduksi massal dan menjual Jetson TX1, sebuah modul mungil seukuran kartu kredit tapi punya kemampuan jenius yang mungkin akan mengotaki banyak perangkat otomatis pintar di masa mendatang.

Modul NVIDIA Jetson TX1 yang dikenalkan pekan ini, kata NVIDIA, dibuat untuk menjawab tantangan gelombang baru hadirnya jutaan perangkat pintar.

Dengan modul mungil NVIDIA itu, perangkat pintar seperti drone misalnya, tidak hanya terbang dengan remote kontrol tapi bisa menavigasi dirinya sendiri, mendeteksi kerumunan, bahkan aktivitas yang mencurigakan secara otomatis.

Tidak hanya itu, modul ini memungkinkan robot tidak hanya melakukan tugasnya namun juga bisa menyesuaikan dengan kebiasaan manusia. Itu semua berkat kemampuan jenius yang dimasukkan di dalamnya, seperti pembelajaran mesin (machine learning), visi komputer, navigasi, dan banyak lagi.

Jetson TX1 merupakan komputer tertanam yang dirancang untuk memproses jaringan saraf dalam--perangkat komputer yang dapat belajar mengenali obyek atau menafsirkan informasi, kata NVIDIA.

Machine learning merupakan pendekatan baru untuk program komputer dan dapat digunakan untuk melakukan tugas-tugas kompleks seperti mengenai gambar, pengolahan percakapan, atau menganalisa sebuah ruangan yang penuh benda.

Ia dapat menemukan jalan di antaranya benda-benda dalam satu ruang dengan menavigasi diri sendiri. Modul Jetson TX1 bakal sangat berguna bagi perangkat-perangkat pintar otomatis.

Modul ini mempunyai kecepatan 1 teraflops, sebanding dengan komputer super tercepat dalam 15 tahun terakhir, sementara sumber daya listrik yang dibutuhkan sangat sedikit karena kemungilannya.

NVIDIA mengharapkan Jetson TX1 dapat dikembangkan oleh developer dan industri untuk mendukung inovasi mereka dalam bidang perangkat pintar dan robot.

Jetson TX1 Developter Kit dapat dipesan mulai 12 November ini seharga hanya 599 dolar di Amerika Serikat, dan akan tersedia via distributor di seluruh dunia pada 2016 pada kisaran harga 299 dolar untuk pembelian 1.000 unit atau lebih.


COPYRIGHT © Teclovers.com 2015

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Recommended

Latest Posts

Internet

Tips & Trik

Tag Terpopuler