Brawijaya, ITS, ITB menangi OPPO Innovation Idea Competition

  • Berita
  • 12 November 2015
  • Bona Espero
Brawijaya, ITS, ITB menangi OPPO Innovation Idea Competition
Jakarta (Teclovers) - Universitas Brawijaya Malang, ITS Surabaya, dan ITB Bandung memenangi OPPO Innovation Idea Competition yang dilaksanakan oleh OPPO Campus Club.

Kompetisi itu dilaksanakan pada perhelatan Startup Asia 2015 di Jakarta.

OPPO Innovation Idea Competition merupakan kompetisi yang menantang para mahasiswa atau inovator muda Indonesia untuk memberikan ide inspiratif di bidang teknologi.       
     
Sejak digelar Juli  2015,  kompetisi ini menjaring 593 pendaftaran dari berbagai universitas di Indonesia.

Juara pertama OPPO Innovation Idea Competition berasal dari Universitas Brawijaya, Malang. Mereka menemukan  bahwa apel Malang sulit bersaing dengan produk impor karena kualitas ketahanan     buah apel Malang yang mudah busuk ketika disimpan dalam jangka waktu lama.

Tim yang beranggotakan Rhezaldian Eka Dharmawan, Benny Imam Santoso, dan Mahardika Rizki Fauji berinovasi dengan melapiskan protein susu (edible coating) pada apel Malang untuk memberikan    perlindungan dari kebusukan.
    
Juara kedua berasal dari ITS Surabaya dengan menciptakan  aplikasi  AMR (Android Money Recognition) yaitu aplikasi pendeteksi nominal rupiah dengan menganalisa warna dan pola gambar pada uang     kertas.

Setelah uang kertas dipindai, maka aplikasi AMR akan mengeluarkan audio nominal uang kertas tersebut.  AMR sangat berguna bagi 3,5 juta penyandang tunanetra  di Indonesia.    
    
Juara   ketiga   jatuh  pada mahasiswa asal ITB Bandung dengan  ide Dropclothes,  sebuah  inovasi   terbaru   dalam   pengumpulan   bahan   sandang  bagi korban bencana  alam  dan  masyarakat miskin  di    Indonesia.    

Dropclothes memiliki sistem penampungan sandang sepanjang tahun melalui Dropclothes Box yang akan diletakkan pada titik  –  titik pengumpulan di berbagai kampus.    
    
Seluruh  pemenang OPPO Innovation  Idea Competition  akan mendapatkan  biaya  pendidikan dan OPPO akan membantu mewujudkan ide-ide tersebut melalui bantuan ambassador OPPO Campus       Club dalam  workshop   di beberapa kampus di Indonesia.    
    
Sebagai  permulaan,    ide    para    pemenang    ini    akan    diangkat    pada    workshop    gathering   nasional   OPPO   Campus   Club   yang   akan   diadakan   di   Jakarta   pada   13-­‐15     November  
2015.         

Workshop bertujuan mengembangkan ide pemenang Innovation Idea Competition oleh para ambassador OPPO Campus Club Indonesia.   

COPYRIGHT © Teclovers.com 2015

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Recommended

Latest Posts

Berita

Tech Spec

Tag Terpopuler