Apa yang dimaksud Aperture (f/...) dalam kamera?

Apa yang dimaksud Aperture (f/...) dalam kamera?
Aperture lensa kamera.
Jakarta (TecLovers) - Dalam spesifikasi kamera, termasuk kamera handphone, teclovers sering menjumpai kata-kata aperture dan diikuti f/2.0 atau f/4.0 dan banyak lagi, apakah maksudnya?

Aperture adalah lubang bukaan di mulut lensa dimana cahaya akan masuk ketika teclovers mengambil gambar. Artinya, bahwa aperture menentukan seberapa besar cahaya yang masuk dan dibutuhkan dalam setiap pengambilan gambar.

Sebagian besar lensa memungkinkan Anda untuk mengatur aperture untuk setiap pengambilan gambar, dengan ukuran pembukaan yang bisa diatur dengan memutar bagian lensa yang menggerakkan "bilah-bilah" melingkar di dalam kamera.

Dengan aperture lebih besar berarti semakin banyak cahaya yang masuk ke dalam lensa, demikian sebaliknya, lebih kecil aperture maka lebih sedikit cahaya yang masuk ke lensa.

Setiap lensa mempunyai aperture maksimum. Lensa dengan aperture maksimum lebih besar mempunyai dua keunggulan: bisa menghasilkan gambar bagus meskipun di ruang dengan pencahayaan rendah, kemudian bisa menangkap obyek lebih luas dan mendalam (depth) atau detil.

Apa arti f/.....(angka)?

Aperture ditandai atau diukur dengan f/....(angka), yang merupakan rasio panjang fokal lensa dan ukuran aperture itu sendiri. Ada dua hal yang perlu diingat!

1 . Semakin kecil angka yang tertulis pada f/...(angka) artinya semakin besar aperture-nya. Sebagai contoh, lensa dengan aperture maksimum f/1.4 akan menangkap gambar lebih cepat dan memungkinkan untuk memotret dalam pencayahaan rendah tanpa menggunakan lampu flash.

2. Berikut skala ukuran normal aperture (dari yang terbesar ke yang terkecil): f/1, f/1.4, f/2, f/2.8, f/4, f/5.6, f/8, f/11, f/16, f/22, f/32.

Dari masing-masing ukuran aperture itu memiliki perbedaan cahaya masuk dua kali lebih banyak untuk masing-masing tingkatan, dengan aperture terbesar adalah f/1.

Demikianlah, mudah-mudahan pengetahuan ini berguna untuk teclovers dalam mengenal spesifikasi kamera, apakah itu kamera smartphone atau kamera digital dan profesional.

Sumber: Samsung

COPYRIGHT © Teclovers.com 2016

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Recommended

Latest Posts

Gadget

Review

Tag Terpopuler