Microsoft Surface 3, tablet berkemampuan laptop

Microsoft Surface 3, tablet berkemampuan laptop
Microsoft Surface 3
Jakarta (TecLovers)- Tanggal 31 Maret lalu Microsoft meluncurkan Surface 3, tablet dari keluarga Surface yang berkemampuan laptop tapi lebih murah dari Surface Pro 3 untuk segmen profesional.

Dari spesifikasinya, Surface 3 lumayan mumpuni pun dengan memori penyimpanan yang tidak kalah dengan Surface Pro 3 versi terendah dan sedang, dengan opsi 64GB dan 128GB, serta berprosesor Intel Atom terbaru X7.

Intel Atom X7 Z8700 dikenal mempunyai performa grafis dua kali dari Intel Atom sebelumnya, dengan 2MB cache, 1,66GHz dengan teknologi Burst yang bisa di-overlock hingga 2,4GHz.

Dengan prosesor yang diproses dengan teknologi 14nm itu bisa untuk menjalankan tugas dan aplikasi berbeda secara bersamaan. Kemampuan grafisnya didukung dengan Gen 8 64-bit. Lebih hemat daya juga.

Berbanderol $449 atau setara Rp6 jutaan, Surface 3 tergolong murah terjangkau, karena bisa menjalankan aplikasi-aplikasi desktop seperti Microsoft Office, iTunes, maupun Photoshop Essential.

Berdimensi 10,52 x 7,36 x 0,34 inci, Surface 3 merupakan Surface tertipis dengan ketebelan hanya 8,7mm dan bobotnya hanya 622 gram yang tetap "enteng" dibawa ke mana-mana.

Layarnya berukuran sedang--10,8 inci--tidak terlalu kecil tapi juga tidak terlalu besar. Layar 10,8 inci ClearType Full HD Plus ini menghasilkan resolusi 1920 x 1280, rasionya 3:2 serta mendukung untuk Surface Pen.

Tablet yang dilengkapi Full-size USB 3.0, Mini DisplayPort, micro-SD card reader, port charging Micro-USB, headset jack, dan cover port ini dibekali memori dalam dua pilihan menyesuaikan storage-nya, 2GB RAM untuk yang 64GB serta 4GB RAM untuk yang berpenyimpanan 64GB.

Kamera depan Surface 3 bersensor 3,5 megapiksel, sedangkan kamera belakangnya 8 megapiksel dengan autofocus.

Tapi sayangnya, Surface 3 yang ditanami sistem operasi Windows 8.1 dan bisa ditingkatkan ke Windows 10 ini, tidak dilengkapi jaringan seluler namun hanya dengan konektivitas Wi-Fi (802.11 a/b/g/n/ac) dan Bluetooth 4.0.

Jadi, untuk penggunaan di luar kantor atau rumah, terlebih di lokasi tanpa Wi-Fi, pengguna harus menggunakan jaringan pada smartphone-nya untuk bisa mengkoneksikan tablet dengan jaringan Internet.

Atau bisa juga menggunakan modem USB sebagai sarana koneksi.

Yang membuat Surface 3 tampil lebih menawan adalah cover keyboard-nya, alias cover yang sekaligus keyboard. Ini yang melengkapi kampanye untuk perangkat ini sebagai "tablet yang berkemampuan laptop".

Keyboard Microsoft Surface 3 tersedia dalam warna-warna yang menarik, seperti merah, biru, ungu, dan lain-lain.

Microsoft sudah membuka pre-order Surface 3 tapi belum di semua pasar secara global.

COPYRIGHT © Teclovers.com 2015

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Recommended

Latest Posts

Tips & Trik

Gadget

Tag Terpopuler