Tips agar pengisian daya baterai ponsel lebih cepat

Tips agar pengisian daya baterai ponsel lebih cepat
Ilustrasi
Jakarta (TecLovers) - Satu hal paling menyebalkan ketika dalam perjalanan adalah saat daya baterai ponsel sudah minim, sementara power bank tidak tersedia, ya sudah mau apa lagi.

Beruntung jika Anda sempat bisa berhenti di satu tempat dan bisa mengisi daya baterai ponsel meskipun dalam waktu terbatas. Berikut tips dari Make Tech Easier yang bisa membantu teclovers mengisi daya baterai ponsel lebih cepat untuk memaksimalkan waktu yang ada:

1. Gunakan sumber pengisian yang benar

Untuk mendapatkan daya maksimal, teclovers harus mendapatkan sumber daya tepat dan maksimal, yakni stop contact saluran listrik, dan bukan menggunakan kabel USB yang dicolokkan ke laptop atau PC.

Mengisi daya baterai ponsel via laptop dengan kabel USB bukan ide yang baik karena suplai daya dari pengisian cara ini tidak lah optimal.

2. Aktifkan Airplane Mode


Dengan mengaktifkan Airplane Mode berarti teclovers telah menonaktifkan beberapa fungsi ponsel, seperti tidak bisa menerima atau menelpon dan terputus dari koneksi Internet maupun WiFi.

Mengaktifkan Airplane Mode membuat kerja smartphone lebih ringan sehingga membuat pengisian daya baterai lebih cepat dibanding tidak melakukan itu.

3. Matikan ponsel (Turn the phone off)


Jika teclovers tidak sedang melakukan apa pun dengan ponsel, sebaiknya matikan ponsel charging baterai agar pengisian daya lebih cepat.

Memang berat untuk mematikan sejenak ponsel Anda tapi ini harus jika ingin pengisian daya baterai yang lebih cepat. Dengan mematikan ponsel, daya listrik akan langsung tersimpan ke baterai dan tidak tersedot oleh lampu layar yang menyala.

4. Matikan layanan yang tidak penting


Sebelum mencolokkan kabel charger ke stop contact pastikan beberapa layanan dimatikan, seperti GPS, Bluetooth, notifikasi, NFC, dan WiFi. Jangan biarkan ponsel teclovers memperbarui aplikasi secara otomatis atau membuat back-up saat pengisian daya baterai.

Juga hindari menyentuh terlalu sering layar ponsel saat pengisian daya baterai, ini juga menyebabkan baterai terkuras, sementara teclovers sedang berusaha mengisinya dengan cepat.

5. Gunakan kabel USB handal

Untuk mendapatkan hasil pengisian baterai terbaik, gunakanlah selalu kabel USB bawaan smartphone. Jika teclovers menggunakan kabel imitasi murahan (atau dengan kabel lebih kurus) itu tidak akan menyalurkan daya secara maksimal, dan pengisian daya menjadi lebih lama.

6. Cabut jika sudah 100%

Membiarkan kabel tetap menancap meskipun daya baterai ponsel sudah terisi 100% tidak lah disarankan. Dengan tidak menyabutnya mungkin masih ada suplai daya ke baterai yang sudah penuh, seperti teclovers mengisi gelar yang sudah penuh.

Perlakuan seperti itu akan "menyakiti" umur baterai--alias baterai bisa cepat rusak--, dan akan berdampak tidak baik pada pengisian selanjutnya.

7. Telanjang lebih baik

Membuka cover atau sarung pelindung ponsel saat pengisian sangat dianjurkan, kenapa? Alasannya adalah agar baterai teclovers mendapatkan pasokan udara yang cukup sehingga lebih sehat (tidak terlalu panas).

Pengisian dalam kondisi baterai "sehat" akan mempercepat proses pengisian daya.

Saran

Saran kami, teclovers sebaiknya selalu mengecek daya baterai beberapa jam sebelum bepergian agar punya cukup waktu untuk mengisi daya baterai ponsel lebih maksimal.

Jangan mengisi daya baterai ponsel yang hampir habis pada beberapa menit saja sebelum teclovers harus pergi, itu tidak mungkin. Tapi jika teclovers punya waktu yang terbatas, tips ini mungkin membantu.

COPYRIGHT © Teclovers.com 2015

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Recommended

Latest Posts

Computing & Software

Gadget

Tag Terpopuler