Online market place untuk jual beli bisnis

  • Berita
  • 16 November 2015
  • Bona Espero
Online market place untuk jual beli bisnis
Jakarta (Teclovers)  - Di awal November 2015, perusahaan rintisan (Startup)  Jualbelibisnis.co.id resmi mulai meramaikan jagad teknologi informasi dan internet di Indonesia.

Saat ini berkembang suatu pasar yang kegiatannya jual beli perusahaan (kepemilikan dalam perusahaan/bisnis). 

Calon BUYER umumnya berasal dari perusahaan-perusahaan menengah dan besar, ataupun investor perorangan (baik dari dalam maupun luar negeri). 

Calon SELLER adalah para pemilik usaha/bisnis, sebagian besar berasal dari UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah). 

Selama ini, masing-masing Pihak (Penjual maupun Pembeli) kesulitan di dalam mencari dan mendapatkan target market masing-masing. 

Jualbelibisnis.co.id dibangun sebagai sebuah Bursa Online (Online Marketplace) untuk menjembatani dan mempertemukan Pemilik Bisnis (Business Seller) dan Pembeli Bisnis (Business Buyer atau Investor), dengan berbasis Web.

Selalu saja ada alasan tersendiri, mengapa Owner (pemilik usaha) ingin menjual perusahaan/ bisnisnya. 

Di antaranya: karena faktor kesulitan cash flow di internal perusahaan, karena prospek bisnis yang mulai meredup, terlebih pada masa-masa krisis ekonomi yang mengakibatkan banyaknya perusahaan/bisnis yang mengalami stagnasi dan kemunduran, ataupun perusahaan/bisnis yang dari awal di-develop dan dikembangkan sedemikian rupa, agar bisa dijual/dilepas kepada Investor dengan harga yang jauh lebih tinggi. 

Demikian sebaliknya, ada bermacam-macam alasan kenapa perusahaan-perusahaan besar ataupun Investor perorangan tertarik untuk membeli (meng-akuisisi)
perusahaan/bisnis lain. 

Bagi perusahaan-perusahaan besar, akuisisi/take over dilakukan dengan tujuan: untuk memperbesar market share, untuk mendapatkan paten-paten atau HKI tertentu yang dimiliki oleh perusahaan yang akan diakuisinya, untuk menguasai hulu hilir dari sebuah mata rantai distribusi atau bisnis, untuk mengurangi persaingan, ataupun untuk diversifikasi bidang usaha. 

Sementara bagi Investor perorangan, membeli perusahaan/bisnis dilakukan dengan berbagai tujuan: untuk efisiensi waktu dan menghindari Trial Error, untuk mendapatkan ROI (yield) yang lebih tinggi dari sekedar Bunga Deposito, untuk alasan prestige (gengsi) dan lain sebagainya.

Jualbelibisnis.co.id menjembatani, sekaligus menjadi solusi bagi kedua PIHAK. 

Sebagian besar proses awal dapat dilakukan melalui "Online", sehingga lebih efektif, efisien, hemat waktu dan tenaga. Tentu saja, faktor kerahasiaan (confidentiallity) Penjual tetap dijaga, tidak akan ter-ekspos. 

Jualbelibisnis.co.id, yang dimotori oleh Karim Taslim (Founder & CEO), Benny Kusnadi (Co-Founder) dan Robin Tan (Project Manager).

Mereka juga menyediakan Integrated Services (layanan jasa ter-integrasi), yaitu: Business Consultant, Professional Business Coach, Business/Asset Appraisal, Legal Consultant, Lawyer, Notaris dan Financial Centre. 

Semua layanan jasa ini sangat relevan dan terkait erat dengan proses jual beli bisnis/perusahaan. Bahkan calon Penjual yang masih ragu untuk menjual bisnisnya pun dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan berbagai layanan jasa tersebut.

COPYRIGHT © Teclovers.com 2015

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Recommended

Latest Posts

Computing & Software

Gadget

Tag Terpopuler