Lebih 60 persen pebelanja Harbolnas 2016 pembeli tahun lalu

  • Internet
  • 18 Desember 2016
  • Black Teclovers
Lebih 60 persen pebelanja Harbolnas 2016 pembeli tahun lalu
ShopBack, laman belanja online yang menawarkan cashback bagi konsumennya.
Jakarta (Teclovers) - Pesta diskon e-commerce via Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2016 pada 12-14 Desember berakhir sudah dengan meninggalkan sejumlah fakta menarik.

Dari 98,40 persen konsumen belanja online yang disurvei dalam Halbonas 2016 yang diikuti lebih dari 200 situs belanja, 66,70 persen ternyata konsumen yang sudah pernah berbelanja pada Harbolnas 2015 alias pembeli tahun lalu.

Sementara selebihnya, 33,30 persen, merupakan pembeli yang baru pertama kali berbelanja online, demikian menurut survei ShopBack, platform cashback terkenal di Asia Tenggara.

Penambahan pebelanja baru ini meskipun angkanya tidak mencapai 50%, namun terbilang cukup baik dalam mengonfirmasikan adanya peningkatan minat konsumen terhadap penawaran-penawaran menarik yang disajikan.

Dari pengalaman berbelanja online selama Harbolnas 2016, mayoritas konsumen menyatakan puas terhadap penyelenggaraan tahun ini.

Namun, jika melihat rata-rata tingkat kepuasan yang mereka tunjukkan, tampak bahwa tidak ada dominasi di tingkat kepuasan tertentu.

Tahun ini, dari tingkat kepuasan level 0 (tidak puas) hingga 10 (sangat puas), sebanyak 22,6% responden yang berasal dari 523 komunitas belanja online yang disurvei menyatakan tingkat kepuasan mereka berada di level 7.

Sedikit di bawah persentase tersebut, yaitu 21,8%, menyatakan tingkat kepuasan mereka mencapai level 8, sedangkan selebihnya pembagian persentasi terlihat hampir merata di semua tingkatan.

“Tidak tercapainya tingkat kepuasan yang dominan di level 7-10, dan masih munculnya tingkat kepuasan di level menengah serta rendah, didorong oleh persepsi yang terbangun dibenak konsumen seusai berbelanja menikmati promo-promo yang ditawarkan,” kata Indra Yonathan, Country General Manager ShopBack Indonesia.

Khusus bagi konsumen yang telah memiliki pengalaman dengan Harbolnas di tahun-tahun sebelumnya, 35,30 persen mengatakan bahwa Harbolnas tahun ini lebih baik dibanding perhelatan tahun sebelumnya.

Sebagian lainnya mengatakan Harbolnas 2016 sama saja dengan penyelenggaraan di tahun sebelumnya (35,30%) dan bahkan 29,50% konsumen mengatakan Harbolnas 2016 tidak lebih baik dibandingkan sebelumnya.

“Temuan ini kami harapkan menjadi masukan yang membangun bagi para pelaku e-Commerce peserta Harbolnas 2016 agar pada pesta-pesta promo berikutnya mereka benar-benar berhasil menghadirkan kepuasan optimal bagi pelanggan,” kata Indra Yonathan menambahkan.

COPYRIGHT © Teclovers.com 2016

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply