Android bakal bisa multi-window, ini preview pertamanya

Android bakal bisa multi-window, ini preview pertamanya
Tampilan multi-window pada Android N.
Jakarta (Teclovers) - Perkembangan menakjubkan dipamerkan Google pada Rabu (Kamis dinihari WIB), dimana smartphone teclovers bakal punya kemampuan multi-window berkat Android N.

Di blog resmi Android developers, Google mengumumkan diluncurkannya Developer Preview dari Android N, sebuah pengembangan yang sedang dalam progress dan menampung masukan dari para pengembang.

Dave Burke, wakil presiden engineering Android Google, mengatakan rilis final Android N akan didistribusikan kepada pembuat perangkat mobile pada musim panas tahun ini, lebih cepat dari sebelumnya.

Di antara fitur dan API dari Android N dipaparkan Burke dalam Android N Developer Preview, seperti multi-window, kemampuan untuk membuat aktivitas atau aplikasi ditampilkan dalam mode split-screen (multi-window), juga dapat beralih dari mode landscape atau portrait.

Aktivitas juga dapat ditampilkan dalam picture-in-picture mode pada perangkat-perangkat seperti TV, atau aplikasi yang memutar video.

Fitur mengesankan lainnya adalah Direct replay notification atau balas langsung notifikasi, kemudian Bundled notifications yang memungkinkan notifikasi terkelompok dijadikan individual notifications dengan menggunakan gerakan dua jari.

Selain peningkatan dukungan bahasa Java 8, Android N dijanjikan bakal lebih efisien dalam konsumsi daya baterai perangkat. Dan melalui investasinya pada Project Svelte, Google sedang berupaya untuk mengurangi kebutuhan memori Android sehingga sistem operasi ini kian bisa digunakan di banyak perangkat.

COPYRIGHT © Teclovers.com 2016

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Recommended

Latest Posts

Tech Spec

Berita

Tag Terpopuler