Jam tangan modular ini saingi smartwatch

  • Gadget
  • 26 Oktober 2015
  • Isan Teclovers
Jam tangan modular ini saingi smartwatch
Komponen jam tangan BLOCKS yang terdiri dari kepala jam atau CORE dan komponen-komponen modular dengan fungsi masing-masing. Sumber: chooseblocks.com

Jakarta (TecLovers) - Start-up teknologi asal London, Inggris, bernama BLOCKS akan memaksa para produsen jam tangan pintar (smartwatch) untuk memikirkan ulang konsep produk mereka sebelum masuk pasar produk digital-terpakai (wearable).

BLOCKS adalah merek produk jam tangan modular dengan fitur-fitur digital yang dapat dimodifikasi oleh pemakainya. Jam tangan itu terbagi dalam dua komponen yaitu inti jam atau kepala jam dan komponen modular sebagai tali pengikat dengan fungsi-fungsi layaknya perangkat digital.

Jika smartwatch hanya mengandalkan kemampuan digital pada bagian kepala, maka BLOCKS mengandalkan komponen modular untuk memecah fungsi-fungsi digital. Fungsi-fungsi digital itu antara lain baterai tambahan, pencatat detak jantung, modul sistem posisi global (GPS), koneksi NFC, modul kartu SIM, pendeteksi sidik jari, tingkat stress, temperatur tubuh, modul kamera, dan berbagai fungsi lain.

Kepala jam pada BLOCKS punya spesifikasi teknis berupa layar LCD 1,34 inci, prosesor Qualcomm Snapdragon 400-quad core ARM Cortex, koneksi bluetooth, koneksi WiFi, microphone, baterai kapasitas 400 mAh, kapasitas penyimpanan 4Gb, hingga RAM 512 Mb.

Sementara, modular yang akan tersusun menjadi tali pengikat hanya punya satu fungsi sesuai dengan keinginan pengguna. BLOCKS menyediakan 20 modular berbeda, tapi dalam pemakaian hanya merekomendasikan empat modular untuk dipakai bersama.

Jam digital itu juga diklaim punya perangkat lunak berbasis Android yang cocok dengan perangkat iPhone bersistem operasi iOS 8 ke atas dan segala perangkat Android bersistem Android 4.0 ke atas.

Keunggulan lain pada BLOCKS adalah kemampuan tahan air dengan sertifikat IP67 yang berarti perangkat dapat masuk ke air sedalam satu meter untuk jangka waktu tertentu. Kemampuan itu memang ditujukan untuk menahan air hujan atau cipratan air. Tapi, BLOCKS akan mengembangkan kemampuan jamnya hingga IP68 agar pengguna juga dapat memakai jam saat berenang.

Hingga Oktober 2015, BLOCKS melakukan kampanye penjaringan dukungan dana di situs kickstarter.com. BLOCKS berencana mendistribusikan produknya ke seluruh pendukung di dunia pada Mei 2016 setelah memulai produksi skala besar pada Januari 2016.

COPYRIGHT © Teclovers.com 2015

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Recommended

Latest Posts

Tips & Trik

Berita

Tag Terpopuler