Prosesor 10 cores MediaTek Helio X20 keluar Desember

  • Gadget
  • 3 Juli 2015
  • Black Teclovers
Prosesor 10 cores MediaTek Helio X20 keluar Desember
MediaTek Helio X20
Jakarta (TecLovers) - Perangkat mobile high-end terbaru mendatang dipastikan sudah akan berprosesor 10 cores, bukan 8 cores lagi, ketika MediaTek mulai merilis prosesor Helio X20 pada Desember mendatang.

Produsen chip MediaTek telah menyiapkan generasi baru seri Helio, yakni MediaTek Helio X20, prosesor 10 cores yang menggunakan arsitektur CPU Tri-Cluster yang terinspirasi oleh cara kerja sistem transmisi mobil.

Dengan cara kerja layaknya gear (gigi/transmisi) kendaraan, MediaTek membagi load-kerja pada Helio X20 dalam tiga bagian (cluster) yang membuat prosesor ini lebih hemat daya dan alokasi tugas yang lebih efisien untuk performa optimal.

MediaTek Helio X20 didesain dengan konfigurasi tiga cluster, yang masing-masing dirancang untuk lebih efisien dalam penangani tipe load-kerja berbeda, seperti cara gear rendah, medium, dan tinggi pada transmisi kendaraan.

Teknologi Tri-Cluster dapat mendelegasikan tugas-tugas sederhana kepada satu cluster core, sementara tugas yang lebih kompleks (dan lebih-haus power) didelegasikan ke cluster lain.

Ketika smartphone hanya melakukan tugas-tugas sederhana--seperti mengirim pesan teks atau menjalankan kalkulator--ini cukup membutuhkan satu cluster, cluster lainnya tidak bekerja (diam), dan karena itu lah membuat kinerja prosesor ini lebih smooth dan hemat daya baterai.tri_cluster_heliox20

Dalam Helio X20 diperkenalkan dual kamera utama dan fitur mesin 3D berkedalapan built-in serta multi-skala, untuk waktu respon yang lebih dari yang pernah ada sebelumnya, bahkan dalam kondisi ekstrim.

Refresh tampilan akan lebih cepat, hingga 120 frame per detik, responsif dan mendukung untuk game atau aplikasi dengan grafis resolusi tinggi.

Prosesor yang dilengkapi chip Cortex-M4 di dalamnya itu, lebih hemat 30% dalam konsumsi daya dibanding prosesor MediaTek generasi sebelumnya, Helio X10 8 cores.

MediaTek Helio X20 dibuat dengan teknologo pemrosesan 20nm, dengan konfigurasi 2x Cortex-A72 @2.5GHz, 4x Cortex-A53 @2.0GHz, dan 4x Cortex-A53 @1.4GHz atau tiga cluster, tidak seperti Helio X10 yang hanya 8x Cortex-A53 dengan speed clock hingga 2.0GHz saja.

Prosesor generasi lanjut MediaTek ini mendukung untuk kamera dengan sensor 32MP @24fps/25MP @30fps, dengan menawarkan teknologi video decode 40% lebih hemat daya dibanding pendahulunya Helio X10.

COPYRIGHT © Teclovers.com 2015

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Recommended

Latest Posts

Gadget

Berita

Tag Terpopuler