8 cara menghemat baterai ASUS ZenFone 2

8 cara menghemat baterai ASUS ZenFone 2
ASUS ZenFone 2
Jakarta (TecLovers) - Daya baterai smartphone mungkin bisa tahan sehari penuh bila hanya digunakan untuk buka email atau berkirim pesan, tapi bakal lebih boros ketika Anda sering menelpon, putar musik atau video, browsing, atau bermain game.

Berikut ada 8 cara yang setidaknya akan membuat daya baterai ASUS ZenFone 2 bisa lebih dihemat:

1. Kurangi kecerahan layar
Kecerahan layar berlebih akan membuat konsumsi baterai lebih boros dan bisa membuat mata menjadi cepat lelah. Untuk mengurangi kecerahan layar, Anda bisa menyapukan jari dari baris notifikasi (bagian atas) layar ke bawah dua kali. Kemudian kurangi kecerahan layar untuk lebih berhemat daya baterai, tapi ingat kenyamanan mata Anda juga harus dipertimbangkan, artinya jangan juga terlalu redup sampai menyulitkan pandangan.

asus_screen

2. Persingkat waktu screen timeout
Untuk lebih menghemat daya baterai, Anda juga bisa mempersingkat waktu screen timeout sehingga ponsel akan otomatis ke moda sleep (tidur) lebih cepat. Ubahlah waktu screen timeout, misal, dari 1 menit menjadi 15 detik saja.

Guna mengubah pengaturan itu, tekan Setting > Display > Sleep.
Untuk mengubah Cover View screen timeout, buka Setting > ASUS Cover > Automatic sleep.

asus_display

3. Kurangi aplikasi-aplikasi background yang tak perlu
Cegah aplikasi-aplikasi yang tidak Anda butuhkan berjalan di latar belakang (background) dengan menggunakan Auto-start Manager. Sapukan jari di layar dari atas ke bawah, tekan Auto-start Manager untuk memilih aplikasi-aplikasi yang ingin Anda hentikan (tidak dijalankan).

asus_background_apps

4. Gunakan Smart-saving Mode
Ada banyak pilihan menghemat baterai pada ZenFone 2, satu di antaranya Smart-saving Mode. Untuk mengaktifkan fitur itu, tekan Setting > Power management > Power Saver > Battery Modes > Smart-saving Mode.

asus_ultrasaving

5. Gunakan Boost dari Quick Settings.
Dengan menekan fitur Boost dari Quick Setting tidak hanya membuat ZenFone 2 Anda lebih cepat, tapi juga lebih menghemat konsumsi daya baterai.

asus_boost

6. Matikan Wi-Fi jika tidak diperlukan
Bila Anda punya paket data serta tidak membutuhkan Wi-Fi di tempat tertentu, matikan saja koneksi Wi-Fi agar ponsel tidak bekerja keras mencari (searching) jaringan Wi-Fi terus menerus serta menyedot daya baterai.

asus_wifi

7. Matikan Location Services (GPS), Bluetooth, dan NFC saat tak diperlukan
Untuk lebih menghemat baterai, matikan layanan lokasi (GPS), Bluetooth, serta NFC saat tidak diperlukan, karena ketiganya--seperti halnya Wi-Fi--akan selalu bekerja dan menyedot daya baterai.

asus_services_location

8. Atur jadwal Auto-switch mode
Anda bisa mengatur interval waktu untuk beralih ke Auto-switch mode yang akan secara otomatis mengalihkan ponsel ke konsumsi daya lebih rendah ketika Anda tidak menggunakannya. Untuk melakukan itu, tekan Setting > Power management > Power Saver > Auto-switch mode.

Setelah membuka fitur itu serta mengatur interval waktu (Start Time, End Time), pilih Ultra-saving mode sebagai default.

asus_ultra_saving

 

Sumber: ZenFone Blog

COPYRIGHT © Teclovers.com 2015

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Recommended

Latest Posts

Review

Computing & Software

Tag Terpopuler