Lima keahlian teknik ini akan populer di dunia

  • Berita
  • 20 November 2015
  • Isan Teclovers
Lima keahlian teknik ini akan populer di dunia
Teknik biomedis akan dibutuhkan para pasien dan membantu kerja dokter
Jakarta (TecLovers) - Komputer, ponsel, internet, panel surya, nanoteknologi, mesin hemat energi, hingga konverter bahan bakar, merupakan produk teknologi yang telah mempengaruhi pola perilaku keseharian kita

Perkembangan teknologi baik dalam piranti lunak, mekanik, kimia, maupun biologis dalam dua dekade terakhir memunculkan barang-barang yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Dan, kita terdorong untuk terus menuntut layanan dan barang yang lebih baik, lebih cepat, lebih mudah, dan lebih berkualitas.

Perubahan pola konsumsi itu mendorong perusahaan untuk terus berinovasi menciptakan produk-produk yang akan dibutuhkan semua orang. Akibatnya, perusahaan-perusahaan di dunia akan membutuhkan orang-orang dengan keahlian teknik terbaru.

Setidaknya akan ada lima keahlian teknik yang bakal dibutuhkan perusahaan pada dekade ini, seperti dilansir Mashable.

1. Teknik virtual atau augmented reality
Realitas virtual menjadi topik pada 2015 saat Google dan Nokia mengikuti industri yang berkembang. Teknik virtual dibutuhkan untuk mengembangkan model tiga dimensi (3D) pada produk game, film, serta perangkat fisik lain.

Karir pada bidang ini semakin tidak terbatas, termasuk pada industri keuangan yang tidak secara langsung terkait teknologi. Perbankan akan butuh ahli virtual untuk menjelaskan kepada calon nasabah muda tentang perencanaan keuangan sesuai kebutuhan mereka dalam kemasanan visual menarik. Selain perbankan, industri pertambangan, pertanian, hingga transportasi tentu akan membutuhkan ahli-ahli teknik virtual untuk membantu penyusunan cetak-biru proyek mereka.

2. Teknik drone atau pesawat tanpa awak
Perangkat teknologi ini bukan hanya dimiliki militer untuk pengawasan atau menyerang lokasi musuh. Perusahaan seperti Amazon bahkan McDonalds kini telah melirik drone untuk mengirimkan barang-barang pesanan konsumen.
Berikutnya, kegiatan eksplorasi Mars seperti yang dilakukan NASA bisa saja dilakukan ahlik teknik drone dari rumah.

3. Teknik biomedis
Keahlian ini terus mengalami perkembangan dengan penciptaan organ-organ buatan atau bionic hingga teknologi nanomedis yang membantu dokter dan ahli kesehatan lain menyembuhkan pasien dengan kondisi kritis. Teknologi biomedis juga mencakup mengirim, kalibrasi, dan servis peralatan medis.

4. Teknik struktur bangunan
Insinyur struktur, arsitek, dan perencaan kota akan terus dibutuhkan seiring dengan pengembangan dan pembangunan daerah-daerah di seluruh dunia. Bidang-bidang itu juga telah bersinggungan dengan isu-isu sosial serta isu ramah lingkungan.

5. Tenik nuklir
Keahlian ini muncul seiring dengan kebutuhan akan energi alternatif yang ramah lingkungan di seluruh dunia. Perkembangan perangkat listrik yang modern berarti peningkatan kebutuhan pasokan listrik yang terus bertambah. Insinyur nuklir akan bertugas untuk menemukan penggunaan nuklir secara praktis atau penggunaan ulang bahan-bahan radioaktif.

COPYRIGHT © Teclovers.com 2015

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply