Smartphone dapat segera mendeteksi polusi udara

  • Berita
  • 1 November 2015
  • Catur Teclovers
Smartphone dapat segera mendeteksi polusi udara
Gas nitrogen dioksida (NO2) yang dihasilkan oleh Tambang Batubara (Photo: ocaa.com.au)
Jakarta (TecLovers) - Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, polusi udara berbasis nitrogen dioksida (NO2) berkontribusi untuk lebih dari 7 juta kematian per tahun - pada anak-anak dan orang tua sangat beresiko. Berkat penelitian yang dilakukan di Australia RMIT University, dapat segera mungkin untuk menerima peringatan dini tingkat NO2 berbahaya di udara di sekitar melalui sensor di smartphone Anda.

Dikembangkan oleh tim yang dipimpin oleh Prof. Kourosh Kalantar-zadeh, versi saat ini sensor menyerap molekul NO2 udara keserpih timah disulfida ultra-tipis. Dengan menganalisis jumlah molekul pada serpih, sensor dapat menentukan konsentrasi gas di atmosfer sekitarnya.

Disulfida tipis ini juga digunakan sebagai pigmen pada pernis, dan memiliki hubungan alamiah untuk molekul nitrogen dioksida khusus - ini berarti bahwa ia memegang NO2 dan mengabaikan jenis molekul gas lain, menjadikan sensor yang sangat akurat.

"Kurangnya akses masyarakat terhadap alat pemantauan yang efektif adalah hambatan utama untuk mengurangi efek berbahaya dari gas ini, tetapi sistem penginderaan baik saat ini sangat mahal atau mengalami kesulitan serius membedakannya dari gas lainnya," kata Kalantar-zadeh.

"Metode telah kami mengembangkan tidak hanya lebih hemat biaya, juga bekerja lebih baik daripada sensor yang saat ini gunakan untuk mendeteksi gas berbahaya ini."

RMIT bekerja sama dengan Chinese Academy of Sciences dalam penelitian ini. Para ilmuwan di University of California, San Diego juga mengembangkan sensor ringkas yang mampu mendeteksi NO2, yang biasanya dirilis pada pembakaran bahan bakar dari minyak bumi.

Sumber: Gizmag.com

COPYRIGHT © Teclovers.com 2015

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Recommended

Latest Posts

Berita

Tips & Trik

Tag Terpopuler