Fujitsu ujicoba sistem pemantau sungai di Manado

Fujitsu ujicoba sistem pemantau sungai di Manado
Ujicoba sistem pemantauan muka air sungai buatan Fujitsu di Manado, Sulawesi Utara.
Jakarta (Teclovers) - Fujitsu telah mengembangkan sistem pengukuran muka air sungai yang terintegrasi dengan smartphone, dan hasilnya dapat disebarluaskan dengan cepat.

Sistem yang dikembangkan oleh Fujitsu Limited dan Fujutsu Indonesia itu diimplementasikan dalam sebuah teknologi augmented reality (AR) dan tengah diujicobakan di Manado, Sulawesi Utara.

Pembangunan sistem ini dilaksanakan atas undangan Japan International Cooperation Agency (JICA) kantor Indonesia, kata Fujitsu Indonesia dalam pernyataannya, Jumat.

Uji coba lapangan dilaksanakan dari tanggal 23 Februari hingga 18 Maret 2016 bersama-sama dengan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Sulawesi I, Provinsi Sulawesi Utara, serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PERA BWS Sulawesi I) dalam rangka mengevaluasi kinerja, manfaat, serta efektivitas sistem.

Sistem tersebut dibuat mengadopsi teknologi  yang dikembangkan oleh Fujitsu dan digunakan dalam sistem informasi persungaian di negara di Jepang.

Melalui sistem ini, pengamat lapangan dapat memanfaatkan aplikasi pengukuran muka air berbasis smartphone untuk mengukur tinggi muka air, mengambil gambar, serta melengkapi informasi kondisi di sekitar lokasi.

Data kemudian dikumpulkan dan dikonsolidasikan di datacenter Fujitsu, lalu diplotkan pada peta. Menggunakan produk platform AR terintegrasi milik Fujitsu, yakni FUJITSU Software Interstage AR Processing Server, sistem ini dapat dijalankan dengan aplikasi pada smartphone.

Pengamat lapangan menggunakan kamera yang ada di smartphone untuk memindai dan membaca alat penanda AR yang terdapat di sebuah lokasi di daerah aliran sungai. Aplikasi akan menampilkan sebuah mistar skala yang ditimpakan di atas gambar sungai. Dari situ, pengamat bisa mengukur tinggi muka air secara digital dengan cara menandai luasan air seperti yang ditampilkan di atas layar.

Pada uji coba di Manado, alat penanda AR diinstal di satu lokasi di aliran sungai untuk melihat tingkat akurasi pengumpulan setiap informasi yang dibutuhkan untuk kalkulasi pencegahan bencana.

Pengujian juga dilakukan sebagai langkah verifikasi seberapa cepat badan PU-PERA BWS Sulawesi I yang berwenang dapat mencatat, merekam, dan menyebarkan informasi perubahan tinggi muka air dengan cepat dan akurat yang berguna untuk proses assessment bagi sistem tata kelola sungai yang efektif.

COPYRIGHT © Teclovers.com 2016

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Recommended

Latest Posts

Tech Spec

Tips & Trik

Tag Terpopuler