Samsung mulai produksi memori SSD untuk PC

Samsung mulai produksi memori SSD untuk PC
Samsung SSD memory
Jakarta (TecLovers)- Samsung Electronics mengumumkan telah memulai produksi massal memori NVMe PCIe solid state drive (SSD)--pertama di industri--untuk digunakan di PC dan workstations.

Samsung juga mengaku sudah memulai pengiriman NVMe SSD kepada OEM untuk pasar PC. Memori itu diklaim berkinerja paling maju dan hemat daya dalam modus siaga serta tersedia dalam ukuran kompak.

"NvMe SSD baru kami akan memungkinkan PC notebook menjadi lebih cepat, dan ultra-tipis dengan memperpanjang penggunaan baterai, sementara mempercepat adopsi NVMe SSD dalam pasar konsumen," kata Jeeho Baek, wakil presiden senior pemasaran memori di Samsung Electronics.

Samsung telah menawarkan PCIe berbasis-AHCI versi 3.0 SSD SM951 sejak awal Januari. Sekarang peruahaan Korsel itu menambahkan versi NVMe untuk memperkuat portfolio SSD-nya, menyusul NVMe SSD 2,5 inci untuk pasar server pada 2013.

SSD SM951 berbasis-NVMe terbaru itu mampu membaca dan write (menulis) data hingga 2.260 megabytes per detik (MB/s) dan 1.600 MB/s ketika menggunakan teknologi controller Samsung.

Performa yang dimiliki kurang lebih 3 hingga 4 kali lebih cepat dibanding SSD M.2 berbasis-SATA pada umumnya yang hanya mencapai 540 MB/s atau 500 MB/s.

SSD NVMe Samsung tersebut memungkinkan transfer data dengan kecepatan hingga 32Gbps, kemudian bisa memproses 300.000 IOPS (Input Output Per Second), atau lebih dari dua kali kecepatan setara tipe AHCI (130.000 IOPS), atau tiga kali lebih cepat dari SSD SATA (97.000 IOPS).

Pada masa mendatang, Samsung berencana mengkombinasikan generasi lanjut teknologi 3D V-NAND ke dalam lineup NVMe SSD.

Sumber: Samsung

COPYRIGHT © Teclovers.com 2015

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Recommended

Latest Posts

Tips & Trik

Berita

Tag Terpopuler