Gmail tidak lagi dukung koneksi SSLv3 dan RC4 mulai 16 Juni

Gmail tidak lagi dukung koneksi SSLv3 dan RC4 mulai 16 Juni
Gmail
Jakarta (Teclovers) - Google belum lama ini mengumumkan bahwa IMAP/POP Gmail tidak lagi mendukung koneksi SSLv3 dan RC4 mulai 16 Juni 2016, setelah pada bulan lalu SMPT layanan surat elektronik itu tidak lagi mendukung sistem keamanan yang sudah sangat lama tersebut.

Tidak seperti SMPT Gmail, perubahan ini akan diluncurkan secara bertahap, yang mungkin memakan waktu dan memberikan kesempatan 30 hari kepada pengguna untuk sepenuhnya tidak lagi menghubungkan Gmail dari koneksi SSLv3 dan RC4.

“Namun, kami sarankan untuk memperbarui klien (server) Anda segera untuk menghindari potensi gangguan,” kata Google dalam blog resminya.

Saat diberikan pilihan, sebagian besar klien email sudah mendukung koneksi modern TLS dibanding SSLv3 dan RC4 yang sudah usang, sehingga menurut Google mayoritas pengguna tidak terpengaruh oleh perubahan ini.

Kebanyakan pelanggan aplikasi Google telah berhenti menggunakan klien IMAP atau POP yang terhubung ke server email menggunakan SSLv3 dan RC4. Setelah 16 Juni jika pengguna mencoba terhubung dari klien email menggunakan koneksi itu maka mereka mungkin akan menemukan error pada koneksi dalam jangka pendek.

Jika klien pengguna hanya mendukung SSLv3 dan RC4, Google menyarakan agar segera memperbaruinya dengan menggunakan konfigurasi TLS yang direkomendasikan.

COPYRIGHT © Teclovers.com 2016

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Recommended

Latest Posts

Tips & Trik

Internet

Tag Terpopuler