Email ungkap upaya konspirasi Uber dan walikota Pittburgh

  • Internet
  • 16 Oktober 2016
  • Black Teclovers
Email ungkap upaya konspirasi Uber dan walikota Pittburgh
Mobil swakemudi Uber yang diuji coba di Pennsylvania. (uber.com)
Jakarta (Teclovers) - Pesan-pesan email yang bocor mengungkapkan bahwa Walikota Pittburgh Bill Peduto telah berkonspirasi dengan CEO Uber Tavis Kalanick terkait sanksi denda yang dikenakan terhadap perusahaan angkutan berbasis aplikasi.

Pada tanggal 3 Mei, Walikota Bill Peduto menulis surat kepada Komisi Utilitas Umum (Public Utility Commission/PUC) Pennsylvania, yang baru-baru ini dikenakan denda $11,4 juta terhadap Uber karena beroperasi di negara itu tanpa izin.

Menurut laman Motherboard, yang mempublikasikan pesan-pesan email Peduto dan Uber, surat yang juga ditandatangani oleh Gubernur Pennsylvania Tom Wolf dan Allegheny County Executive Kaya Fitzgerald, memohon dengan berapi-rapi agar hukuman Uber diperingan.

Ia membela Uber dengan kalimat-kalimat kuat dan mencatat bahwa posisi Pittsburgh sebagai tempat pengujian (testbed) mobil swakemudi (self driving car) Uber bisa berisiko jika "regulator negara terus menampilkan permusuhan seperti itu".

Uber "adalah investasi ratusan juta dolar di Persemakmuran Pennsylvania dan siap untuk berinvestasi jutaan dolar lagi. Namun, semua ini bisa hilang jika kita mengirim pesan bahwa Pennsylvania bukanlah tempat yang ramah bagi bisnis abad ke-21 dan pencipta-lapangan-kerja lainnya yang akan membuat negara kita (sebagai) sebuah rumah," surat itu dimulai.

Surat itu ditulis atas perintah Uber, menurut email yang diperoleh Motherboard menggunakan Undang-undang Hak untuk Tahu (Right to Know Act) Pennsylvania.

Email memberikan wawasan yang unik ke dalam balik layar intrik lengan lobi Uber, yang telah dituduh memaksakan proses regulasi dari pemerintah kota di seluruh dunia.

Meskipun banyak yang telah ditulis tentang peningkatan kekuatan politik Uber, jarang ada kesempatan untuk untuk melihat bagaimana proses lobi bekerja. Email menunjukkan bagaimana pelobi perusahaan dan eksekutif puncak mewakili pejabat dalam upaya untuk membantu menghindari peraturan.

Peduto telah melakukan percakapan pribadi dengan Kalanick tentang surat itu dan juga melakukan telekonferensi tentang surat dengan salah satu pelobi top Uber seminggu sebelum mempublikasikannya.

Email lain yang diperoleh Motherboard menunjukkan Uber menekan pejabat daerah (kabupaten) Fitzgerald untk menulis surat dukungan bagi Uber.

Email mengenai situasi PUC dan email lainnya antara Kalanick dan Peduto menunjukkan hubungan yang erat antara CEO dari sebuah perusahaan senilai $66 miliar dan Peduto, seorang pegawai negeri yang terpilih.

COPYRIGHT © Teclovers.com 2016

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Recommended

Latest Posts

Gadget

Tech Spec

Tag Terpopuler