Mengenal Google Adsense

  • Internet
  • 9 Oktober 2015
  • Catur Teclovers
Mengenal Google Adsense
Tampilan laporan pendapatan Google Adsense dalam 1 bulan

Jakarta (Teclovers) - Pengguna internet Indonesia semakin meningkat. Menurut data yang dilaporkan oleh internetlivestats.com, pengguna internet Indonesia sudah mencapai lebih dari 42 juta pada tahun 2014. Penetrasi pengguna internet Indonesia tergolong sedang, sekitar 9% per tahun, masih dibawah India 14%, Filipina 10% dan Nigeria sebesar 16%.

Banyaknya penduduk Indonesia, membuat pengguna internet juga banyak. Meski ada juga dampak dari cepat dan mudahnya arus informasi melalui internet seperti kejahatan online atau cybercrime, radikalisme, pornografi dan bahkan terorisme yang menggunakan media internet. Akan tetapi ada banyak manfaat dari meningkatnya penggunaan internet. Diantaranya adalah meningkatnya pengetahuan, produktifitas dan bahkan ekonomi.

Internet juga mampu meningkatkan usaha kecil, menengah dan bahkan bagi perusahaan besar. Manfaat secara langsung antara lain dengan adanya marketplace atau toko online, dimana orang dapat langsung berjualan dengan modal awal yang sangat kecil. Hanya memerlukan perangkat dan koneksi internet. Secara tidak langsung, hal ini sudah mampu menciptakan lapangan kerja.

Selain meningkatkan transaksi, juga ada manfaat lain dalam hal periklanan. Semakin banyak pengguna internet, semakin hal itu menjadi valuable. Dan sebetulnya, media iklan melalui internet jauh lebih tepat sasaran bagi pengiklan. Hal ini karena internet merupakan satu-satunya media yang memiliki koneksi 2 arah.

Berbeda dengan media lain seperti koran, majalah, radio bahkan televisi, dimana semua iklan hanya memiliki 1 arah komunikasi, dari media ke pengguna, sehingga iklan hanya bersifat broadcast tanpa mampu mengetahui profil pengguna atau keinginan pengguna.

Sebagai contoh pemilik produk mobil merk A dan tipe B mengiklankan produknya di koran B. Dari semua oplah koran tersebut, misalnya 500ribu, tidak dapat diketahui berapa orang yang sedang mencari mobil, dan tidak juga dapat diketahui berapa orang juga yang berminat dan sedang mencari mobil merk A, tidak dapat juga diketahui berapa yang berminat dan mencari mobil merk A dengan tipe B. Sehingga pengiklan mungkin membayar mahal untuk oplah 500ribu akan tetapi tidak tepat sasaran. Begitu juga dengan media televisi, radio, majalah, bahkan baliho dan media iklan lainnya.

Hal itu sangat berbeda dengan iklan pada media Internet. Dimana profil, keinginan dan bahkan daftar pencarian di internet dapat disimpan dan digunakan untuk menampilkan iklan yang sesuai dengan keinginan, profil dan bahkan apa yang sedang dicari oleh pengguna saat itu juga.

Apa manfaatnya bagi pengguna dan pemasang iklan? Bagi pengguna, tentu saja iklan yang sesuai dengan apa yang sedang dicari akan sangat membantu dan bermanfaat. Dan bagi pemasang iklan, akan sangat menghemat  tapi sangat mendongkrak apa yang ingin dicapai, karena pengguna yang ditawari iklan tersebut adalah pengguna yang mempunyai profil sesuai dengan produknya, atau iklan tersebut sesuai dengan konten ataun isi dari website yang sedang dikunjungi, atau bahkan produknya sesuai dengan apa yang sedang dicari oleh pengguna internet tersebut.

Sebagian besar pengguna internet hanya menjadi obyek. Sangat jarang yang ingin ikut menjadi pelaku atau media penghubung antara pengiklan dan pengguna internet. Peluangnya sangat besar, dan hanya membutuhkan modal yang relatif kecil. Perhitungannya sangat sederhana, datangkan pengunjung ke website dan jadikan uang. Semakin banyak pengunjung, semakin banyak uang. Begitu prinsip utamanya, tidak berbeda dengan media iklan lain.

Pertanyaan selanjutnya adalah kemana akan dijual iklan yang yang ada di website anda? Itu adalah pertanyaan yang tidak perlu dijawab dan akan terjawab sendiri. Akan banyak agensi iklan yang akan menghubungi situs yang sudah memiliki banyak pengunjung.

Beberapa agensi iklan yang sudah terpercaya antara lain Innity (http://www.innity.com), Google Adsense (http://www.google.com/adsense), Chitika, Infolinks, Komli Media (Admax) dan masih banyak yang lain.

Yang sangat perlu diperhatikan adalah Google Adsense. Google Adsense mempunyai sistem yang sangat bagus, yang menggabungkan pencarian dari mesin pencari Google (http://www.google.com), analisa kujungan Google (Google Analytics), analisa profil pengguna yang mempunyai akun Google, analisa perangkat pengguna yang mempunyai sistem operasi Android, analisa demografi dan semua produk Google lainnya seperti email dan juga Youtube.

Hal itu sangat bermanfaat bagi program periklanan online. Iklan yang tepat dan sesuai dengan apa yang sedang dicari pengguna, sangat mendongkrak klik dan pendapatan pemilik suatu situs. Google Adsense mempunyai fill rate (munculnya iklan pada spot iklan) yang sangat tinggi, bahkan hampir mendekati 100%, selama tidak melebihi jumlah maksimal iklan yang diperbolehkan dalam satu halaman. Selain itu,Google Adsense merupakan salah satu partner iklan yang mempunyai harga RPM maupun CPC (Cost Per Click) yang tinggi dibandingkan dengan yang lain.

Pembayaran Google Adsense melalui Western Union

Berdasarkan pengalaman, penghitungan mudah dan sederhana adalah jika mempunyai page views sebanyak 1,5juta orang per bulan, akan berpotensi memperoleh uang sebanyak US$ 2.000 per bulan. Jika mempunyai situs yang mempunyai page views sebanyak 3juta, sangat berpotensi untuk mendapatkan US$ 5.000 per bulan.

Sangat mudah bukan? Tidakkah anda ingin juga berpenghasilan dolar?

COPYRIGHT © Teclovers.com 2015

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Recommended

Latest Posts

Internet

Tips & Trik

Tag Terpopuler