12 fakta mengenai Apple New MacBook

  • Review
  • 11 Maret 2015
  • Black Teclovers
12 fakta mengenai Apple New MacBook
New MacBook
Jakarta (TecLovers)- Apple telah merilis All-New MacBook 12 inci di Yueba Buena Center, Kalifornia, kemarin (10 Maret 2015 waktu setempat), dengan sejumlah perbaikan dibanding MacBook generasi sebelumnya.

Dari perbaikan dan kelebihan-kelebihan yang dimiliki New MacBook, TechReviews merangkum setidaknya ada 12 fakta penting mengenai notebook Apple yang menawan itu:

1. Dimensi

Dengan dimensi panjang 28,05 cm, lebar 19,65 cm, dan tebal 0,35-1,31 cm (13,1 mm), serta berat 2 pound (0,92kg), berarti New MacBook 24 persen lebih tipis dibanding Mac yang pernah ada sebelumnya, termasuk MacBook Air 11 inci.

2. Keyboard

Keyboard New MacBook didesain dengan ukuran penuh (full-size keyboar) sehingga hampir memenuhi seluruh ruang tengah di tengah laptop. Ukuran tiap-tiap tutnya 17 persen lebih lebar, namun 40 persen lebih tipis dari keyboard Mac sebelumnya.

Sementara masing-masing tutnya (tombol) dirancang punya pijakan lebih lebar dan oleh Apple disebut sebagai mekanisme kupu-kupu.

Tidak seperti keyboard pada umumnya yang pengungkit atau pijakannya bermekanisme gunting, keyboard pada New MacBook punya pijakan lebih lebar sehingga lebih stabil dan tetap presisi meskipun ditekan dibagian pinggir.

Dengan kubah terbuat dari stainless steel di bawah masing-masing tombol, membuat tombol lebih responsif, sementara desainnya juga lebih tipis 34 persen dibanding keyboard MacBook sebelumnya, serta 40 persen lebih tipis dari keyboard konvensional laptop lain.

Trackpad-nya sudah dilengkapi Force Touch, membuatnya lebih sensitif terhadap sentuhan di seluruh bagian, apakah sentuhan dengan jari atau jempol.

3. Koneksi tunggal USB-C

New MacBook sudah menggunakan koneksi tunggal USB-C, atau satu koneksi untuk berbagai keperluan; transfer data, video output, dan pengisian daya baterai (charging). Dengan single connector membuat MacBook lebih simpel dan efisien.

4. Pemampatan ruang

Setiap komponen pada New MacBook dirancang dengan meminimalkan penggunaan setiap milimeter ruang badan laptop. Dengan desain seperti itu, berarti ada ruang lebih besar untuk menanamkan baterai dengan daya lebih besar.

5. Desain

Cangkang New MacBook untuk pertama kalinya menggunakan all-metal, serta tersedia dalam tiga warna menawan; gold, silver, dan space gray.

6. Logo Apple

Logo Apple pada New MacBook dibuat lebih elegan dengan dipoles stainless steel.

7. Layar Retina

Layar Retina 12 inci pada New MacBook didesain lebih tipis, hanya setebal 0,88 milimeter, tertipis di antara layar Mac yang pernah ada sebelumnya. Retina display pada New MacBook juga 30 persen lebih hemat energi, meskipun gambar atau resolusi yang dimiliki tetap mumpuni, 3 juta piksel.

8. Logic board terkecil

Apple telah menempatkan dan memampatkan dengan hati-hati, baik prosesor, flash storage, maupun memori di atas logic board yang kecil dan kepadatan tinggi.

Pemampatan dan efisiensi ruang ini membuat logic board New MacBook 67 persen lebih kecil dari logic board Macbook Air 13 inci, bahkan yang terkecil dari logic board semua MacBook sebelumnya.

9. Fanless

Tidak seperti laptop lain, New MacBook didesain dengan tanpa komponen bergerak atau vents. New MacBook merupakan notebook Mac pertama yang fanless sehingga lebih senyap dan performanya lebih efisien.

10. Prosesor

Prosesor New MacBook menggunakan Intel Core M generasi kelima yang bekerja dengan hanya butuh daya 5 watt, dan didukung Intel Graphics 5300. Prosesor ini dibuat dengan teknologi pemrosesan 14-nanometer, kepadatan tinggi dan performa baik meskipun efisien energi.

11. Baterai

Baterai New MacBook mempunyai kapasitas 35 persen lebih besar dibanding cell baterai tradisional, membuatnya tahan untuk 9 jam browsing web dan 10 jam memutar film via iTunes.

12. OS X Yosemite

Optimalisasi melalui OS X Yosemite membuat New MacBook sebagai notebook paling efisien energi di dunia.

New MacBook sudah bisa dipesan dengan harga mulai 1.299 dolar atau sekitar Rp17,2 jutaan dan akan mulai dikirim 10 April 2015.

COPYRIGHT © Teclovers.com 2015

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply