Xiaomi Mi5 vs Samsung Galaxy S7

  • Review
  • 16 Juni 2016
  • Black Teclovers
Xiaomi Mi5 vs Samsung Galaxy S7
Samsung Galaxy S7 dan Xiaomi Mi 5 (miui.com)
Jakarta (Teclovers) - Persaingan di pasar smartphone semakin ketat, dengan dominasi brand besar seperti Samsung dan Apple mulai tergerus oleh ponsel-ponsel murah berspesifikasi tinggi dari pabrikan China.

Semua pun berlomba menyajikan smartphone andalan dengan fitur-fitur terbaru, tidak terkecuali Samsung dengan Galaxy S7/Edge, sementara di disi lain, Xiaomi juga sudah merilis flagship tergresnya Mi5.

Di tengah suguhan pilihan-pilihan untuk konsumen dengan pertimbangannya masing-masing, seorang anggota tim sumberdaya MIUI berakun SurajitSaha21, dengan jujur membandingkan Samsung Galaxy S7 vs Xiaomi Mi5.

Sebagai perbandingan, di Indonesia Samsung Galaxy S7 dipasarkan dalam kisaran harga Rp10 juta, sedangkan Xiaomi Mi5 kurang lebih setengahnya atau sekitar Rp5 juta.

Berikut perbandingan dua smartphone unggulan dari pabrikan asal negara berbeda, China vs Korea Selatan:

Desain dan kualitas bahan

Keduanya memang punya desain yang cantik, dengan bagian luar terbuat dari aluminium, dan hadir dalam beberapa pilihan warna. Namun, Mi5 sedikit lebih ringan, hanya 139 gram, sementara Galaxy S7 berbobot 152 gram.

Xiaomi Mi5 vs Samsung Galaxy S7
Bagian bawah

Baik Xiaomi Mi 5 maupun Samsung Galaxy S7 keduanya mempunyai panel dual glass (panel kaca ganda) yang membungkusnya dari kedua sisi, dan dibekap dengan rangka (frame) aluminium. Bedanya, Mi 5 berfitur body keramik yang berada di bawah cover kacanya.

Xiaomi Mi5 vs Samsung Galaxy S7
Bagian samping

Keduanya memang terasa nyaman dalam genggaman tangan, tapi smartphone andalan Samsung terbaru mengantongi sertifikat IP68, yang artinya ia tahan terhadap percikan air dan lebih tahan dari paparan debu. Sertifikasi ini dianggap krusial oleh sebagian konsumen.

Layar

Untuk urusan layar, semua orang pasti berpihak ke Samsung Galaxy S7, karena perangkat itu dibekali layar 5,1 inci QHD Super AMOLED yang menyajikan kualitas gambar hingga 577 piksel per inci (ppi) dan teknologi Always on.

Xiaomi Mi 5 yang berlayar 5,15 inci Full HD IPS hanya menawarkan kepadatan gambar 428ppi, tapi jangan khawatir dengan mata telanjang Anda tidak mungkin bisa membedakan kualitas layar keduanya.

Dengan keduanya sudah berfitur pelindung layar Corning Gorilla Glass 4, Mi 5 menawarkan rasi layar-berbanding-body lebih baik yakni 73,1 persen, sedangkan Samsung Galaxy S7 berasio 72,1 persen.

Xiaomi Mi5 vs Samsung Galaxy S7
Di bawah paparan sinar Matahari

Layar Galaxy S7 dibekali permukaan dengan warna hitam lebih gelap, warna yang lebih hidup, dan memiliki keterbacaan lebih baik saat di bawah sinar Matahari.

Layar Mi 5 tetap menyajikan keterbacaan baik juga di bawah sinar Matahari namun tidak sebaik dengan teknologi AMOLED pada Samsung Galaxy S7.

Mi 5 menawarkan layar dengan resolusi lebih rendah, dan Xiaomi mengklaim itu justru baik untuk menjaga baterai lebih irit karena secara teori chipset tidak perlu bekerja keras untuk tampilan dengan piksel ekstra. Akan tetapi, bagaimanapun untuk urusan ini kita meski berpihak pada Galaxy S7 karena resolusinya yang lebih besar.

Prosesor dan RAM

Hampir semua pengguna smartphone sekarang sangat peduli dengan CPU, GPU, dan kapasitas RAM dalam perangkat. Kedua produsen menawarkan beberapa varian tergantung pada ketersediaan harga dan pasar.

Xiaomi Mi 5 menawarkan prosesor terbaru 64-bit quad-core Snapdragon 820, dengan clocked pada frekuensi berbeda tergantung varian dan harganya. Mi 5 memiliki RAM bisa 3GB atau 4GB pada model premium.

Xiaomi Mi5 vs Samsung Galaxy S7
Hasil pengujian Antutu

Tergantung pada pasar, Galaxy S7 dibekali prosesor Snapdragon 820 atau CPU Samsung Exynos 8890 dengan speed 2.3GHz dan RAM 4GB. Kedua Mi 5 dan S7 menawarkan Adreno 530 GPU (Mali-T880 MP12 pada model lain S7) untuk gaming terbaik dan pengalaman video.

Dalam penggunaan sehari-hari, tidak ada perbedaan yang terlihat antara dua model ini. Kinerja yang sangat baik, dan kedua perangkat berjalan sangat cepat. Tampaknya S7 lebih cepat dalam beberapa permainan dan aplikasi, sementara Mi 5 lebih cepat dalam hal lain.

Xiaomi Mi5 vs Samsung Galaxy S7

Ketika memainkan beberapa permainan grafis yang intensif, Xiaomi menawarkan lebih frame per detik hanya karena resolusi yang lebih kecil pada layarnya. Dalam benchmark sintetis (jika Anda merasa perlu untuk hal semacam ini) Xiaomi Mi 5 menunjukkan beberapa keunggulan dari Samsung Galaxy S7.

Kamera

Perbandingan untuk hal satu ini cukup ketat untuk kedua perangkat yang menawarkan kemampuan menakjubkan dalam departemen kamera. Samsung Galaxy S7 dilengkapi dengan sensor kamera 12-Megapixel yang menawarkan aperture f/1.7. Ukuran sensor 1/2.6-inch, dan ukuran piksel individu 1,4 m. Ini fitur OIS dan sejumlah opsi pemotretan.

Xiaomi Mi 5, di sisi lain, memiliki sensor kamera 16-Megapixel yang menawarkan OIS 4-axis dan bukaan relatif lebar f/2.0 aperture. Ukuran sensor 1/2.8-inch, dan ukuran pixel individual 1.12 pm.

Kedua kamera memiliki fase sistem deteksi autofocus dan bisa fokus langsung. Namun, Galaxy S7 memiliki fokus kamera tercepat di pasar sekarang. Kualitas dalam situasi siang hari sebanding, dan kedua perangkat menawarkan beberapa kamera terbaik di pasar.

Xiaomi Mi5 vs Samsung Galaxy S7
Hasil foto: Mi 5 (kiri) dan Galaxy S7 (kanan)

Namun, secara umum kamera Mi 5 sedikit lebih unggul karena  resolusi yang lebih besar dan warna yang lebih akurat. Ketika berada dalam skenario cahaya rendah, Samsung lebih baik. Foto yang diambil oleh Galaxy S7 menawarkan lebih detail dan lebih sedikit noise digital.

Bukan berarti Xiaomi Mi 5 memiliki masalah saat pemotretan dalam gelap, tapi Samsung memang lebih sempurna dalam situasi cahaya rendah. Ketika bicara kemudahan dalam penggunaan, Mi 5 mungkin lebih baik karena interface-nya terlihat sederhana, namun lebih intuitif.

Di sisi depan, kamera Samsung memiliki keunggulan dalam resolusi dengan sensor 5-Megapixel yang menawarkan aperture f/1.7, lebih lebar. Xiaomi membeli hardware kamera HTC yang dipatenkan untuk perangkat andalannya. Ini menyediakan 4-Ultrapixel (HTC menciptakan istilah) sensor kamera dengan cukup lebar f/2.0 aperture dan ukuran 2,0 m pixel besar.

Xiaomi Mi5 vs Samsung Galaxy S7
Hasil foto dalam cahaya rendah: Mi 5 (kiri) dan S7 (kanan)

Kedua smartphone cukup mengagumkan untuk pengambilan gambar selfie, meskipun Samsung lebih unggul berkat cahaya layarnya yang dijuluki sebagai flash dalam kondisi pencahayaan rendah.

Dalam memproduksi video, kedua perangkat menawarkan hasil rekaman dengan resolusi 4K pada 30fps (frame per second). Galaxy S7 juga memiliki 1080p pada 30 dan 60fps, 2K pada 30 fps dan bahkan 720p pada 240fps menakjubkan untuk video gerakan lambat.

Sayangnya, Xiaomi Mi 5 hanya menawarkan 1080p pada 30fps dan 720p pada 120fps untuk video slow-mo. Kedua ponsel adalah salah satu yang terbaik di pasar ketika datang ke kualitas video. Samsung memiliki keunggulan di tingkat detil video Full HD serta menangkap audio dalam video-nya.

Penyimpanan

Ada beberapa versi dari Xiaomi Mi 5, yakni versi 32, 64 dan 128GB, sedangkan Galaxy S7 ditawarkan dengan pilihan kapasitas penyimpanan 32 dan 64GB, tetapi tidak memiliki versi 128GB. Keduanya ada kelebihan dan kekurangan, Mi 5 punya pilihan penyimpanan lebih besar, sementara Samsung penyimpanannya bisa ditingkatkan dengan microSD hingga 256GB.

Sistem Operasi (OS)

Kedua perangkat datang dengan Android 6.0 Marshmallow dan UI kustom. Xiaomi Mi 5 menggunakan MIUI 7, kustom dari Android yang menyerupai iOS. Ini bersih, sederhana, sangat cair, dan tidak memiliki banyak bloatware.

User Interface Mi 5 tidak memiliki laci aplikasi, sehingga semua aplikasi diatur pada layar Home (ya, seperti iOS).

Xiaomi Mi5 vs Samsung Galaxy S7
User Interface Mi 5 dan Galaxy S7

Samsung Galaxy S7 menggunakan UI TouchWiz yang terkenal, namun sering dikritik karena bogging down dan memiliki sejumlah besar aplikasi bloatware. Samsung telah memangkas banyak TouchWiz dan sekarang rasanya lebih seperti pengalaman Android asli.

UI Samsung masih menawarkan banyak trik rapi seperti perpecahan multitasking layar dan fitur Game launcher. Sementara MIUI 7 pada Mi 5 menawarkan pengalaman pengguna yang sederhana, tapi UI TouchWiz Samsung lebih kompleks dan menawarkan lebih banyak kustomisasi.

Konektivitas

Kedua perangkat memiliki sejumlah pilihan konektivitas. Ini tentang dual SIM dual standby, konektivitas jaringan 4G LTE di seluruh dunia, Bluetooth 4.2, Wi-Fi 802.11 a / b / g / n / ac, dual-band, Wi-Fi Direct dan sebagainya.

Kedua smartphone memiliki GPS, A-GPS, GLONASS dan BDS untuk lebih mudah, locating lebih cepat dan lebih akurat. Hal ini sulit untuk mengatakan mana yang lebih baik.

Galaxy S7 memiliki Samsung Pay, yang merupakan cara yang bagus untuk menggunakan NFC dan ponsel Anda sebagai kartu debit. Mi 5 memiliki chip NFC juga, tapi tidak belum memiliki kemampuan untuk pembayaran seperti itu.

Xiaomi memiliki kelebihan berkat blaster IR (Anda dapat menggunakan ponsel sebagai remote) dan koneksi USB Type-C, yang menawarkan konektor reversibel dan kecepatan transfer yang lebih besar daripada USB 2.0 yang dimiliki Galaxy S7.

Baterai

Kedua perangkat berfitur baterai 3000mAh non-removable tapi dengan jenis berbeda, Mi 5 dengan lithium-polymer, dan Galaxy adalah lithium-ion. Kedua perangkat menawarkan teknologi Quick Charge Qualcomm, tapi pada Mi 5 lebih baru dalam versi (3,0 vs 2,0 pada Galaxy S7).

Baterai Mi 5 bisa terisi 83 persen dengan pengisian ulang 30 menit sementara baterai Galaxy S7 hanya terisi 60 persen dalam waktu yang sama.

Xiaomi Mi5 vs Samsung Galaxy S7
Penggunaan baterai

Dengan pola kami biasa penggunaan (browsing, bermain game, beberapa jejaring sosial, mendengarkan musik) kedua perangkat berlangsung selama lebih dari setengah hari pada satu pengisian penuh.

Tapi untuk soal keekonomisan daya baterai, Xiaomi Mi 5 lebih unggul karena resolusi layarnya yang lebih rendah, sehingga daya baterai bertahan lebih lama.

Fitur-fitur tambahan

Dalam beberapa fitur tambahan kedua ponsel memiliki kesamaan, seperti sensor sidik jari, kemudian sensor seperti gyro, proximity, barometer, accelerometer, dan kompas. Namun, Galaxy S7 menawarkan kelebihan, yakni sensor detak jantung dan sensor SpO2. S7 juga dilengkapi aplikasi S health, S Voice, dan sistem keamanan Knox.

Kelebihan

Baik Samsung Galaxy S7 ataupun Xiaomi Mi 5, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kelebihan Galaxy S7 meliputi, resolusi layar lebih baik, performa kamera yang secara umum lebih baik, sertifikasi IP68, dan tersedianya slot penyimpanan ekternal microSD.

Mi 5 punya keunggulan dalam daya tahan baterai, memiliki konektor USB Type-C dan IR blaster, pengalaman memainkan game yang lebih baik, dan 50 persen lebih murah dalam harganya.

Jadi, silahkan teclovers mau pilih yang mana?

COPYRIGHT © Teclovers.com 2016

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Recommended

Latest Posts

Berita

Computing & Software

Tag Terpopuler