6 kelebihan dan keunggulan Xiaomi Mi 4i

  • Review
  • 10 September 2015
  • Black Teclovers
6 kelebihan dan keunggulan Xiaomi Mi 4i
Hasil foto kamera Xiaomi Mi 4i
Jakarta (TecLovers) - Ponsel murah dengan spesifikasi tinggi sekarang sudah menjamur, tapi dari beberapa yang beredar di Indonesia Xiaomi Mi 4i merupakan salah satu yang patut Anda pertimbangkan untuk dibeli, selain harganya terjangkau, fitur dan spesifikasi yang diusungnya pun cukup mumpuni.

Berikut setidaknya 6 alasan untuk membeli Xiaomi Mi 4i:

1. Desainnya kompak

Rancangan Mi 4i memang simpel tapi lumayan menawan. Desain berkonsep kompak yang dianutnya membuat Mi 4i tidak "gemuk" meskipun layarnya berukuran 5.0 inci. Xiaomi merancang layar Mi 4i nyaris selebar body ponsel, hanya menyisakan sedikit ruang pada frame-nya.

Badan ponsel ini juga begitu ramping dengan ketebalan hanya 7,8 mm, bobotnya 130 gram, tombol volume dan on/off stainless steel, sementara rangka internal terbuat dari magnesium alloy yang kuat. Back cover (cangkang belakangnya) disertai 114 lubang sound chamber via proses CNC drilling, ditambah tonjolan 1mm di bawah lubang speaker membuat suaranya lebih baik.

Cover belakangnya juga dilapisi penolak noda minyak dan bekas jari.

2. Layar berkelas

Layar Xiaomi Mi 4i bukanlah sekelas ASUS ZenFone 5 atau lainnya. Ponsel ini dibekali layar 5 inci Full HD Sharp/DJI yang beresolusi 1080 piksel, 95% NTSC Color gamut, dan 178 derajat sudut pandang angle lebar. Yang menakjubkan, layar Mi 4i menyajikan gambar dengan kapadatan hingga 441 ppi (piksel per inci), sama seperti HTC One M8 dan M9, namun lebih tinggi dari iPhone 6 (326 ppi).

Dengan aspek teknis pada layar yang seperti itu, Mi 4i jelas bisa menampilkan gambar lebih tajam, jernih, serta terang.

Sunlight Display terbaru yang ada pada Mi 4i menggunakan teknologi di tingkat hardware untuk menyesuaikan kontras dari setiap piksel secara real time, sehingga terik matahari tidak terlalu mempengaruhi kualitas gambar. Tetap jelas meski di bawah terik matahari.

Layar Mi 4i terlindung dengan teknologi Concore Glass dari Corning, perusahaan yang juga pembuat Gorilla Glass. Concore Glass punya kemampuan serupa dengan Gorilla Glass dalam menahan goresan atau benturan. Bedanya, Concore Glass atau yang dikenal dengan Fit Glass, kaca pelindung dan perangkat sentuh (touch) terintegrasi dalam satu unit sehingga fisiknya tentu lebih tipis.

3. Performa

Soal performa, Mi 4i punya bekal yang tidak bisa diremehkan. Ia dibekali prosesor octa-core 64-bit Snapdragon 615 dengan clock speed 1.7GHz, dengan kartu grafis Adreno 405, serta RAM 2GB LPDDR3.

Ruang penyimpanan internal Mi 4i juga longgar, 16GB Flash eMMC, yang dijamin tidak cepat penuh dan membuat lelet. Dengan memori internal sebesar itu, Mi 4i tetap berperforma baik meskipun sudah ada ratusan file foto resolusi tinggi tersimpan di dalamnya.

Baterai Mi 4i juga punya siklus daya tahan lumayan karena kapasitasnya 3030 mAh, berbahan lithium-polymer 4.4V dari Sony dan Samsung. Berdasarkan pengalaman TechReviews, baterai Mi 4i bisa tahan sehari penuh untuk aktivitas normal seperti menelpon, perpesanan termasuk WhatApps, dan sesekali browsing. Update firmware ke MIUI 7 juga bakal menambah panjang daya tahan baterai Mi 4i.

Konektivitas Mi 4i sudah mendukung jaringan 4G/FDD LTE yang bisa sama kuat pada dua SIM card micro (micro SIM) yang slotnya terletak di sebelah kiri atas ponsel. Konektivitas lainnya, meliputi Bluetooth 4.1, WiFi dual-band 2.4 dan 5GHz, ditambah sensor electronic compas, gravity sensor, light sensor, gyroscope, hall sensor, proximity sensor, juga navigasi GPS.

4. Kamera 13MP

Mi 4i disemati kamera utama dengan sensor 13MP dari Sony, punya lensa 5 elemen, two-tone flash, berfitur manual mode, real-time HDR, serta mendukung perekaman video beresolusi 1080 piksel.

Kamera Mi 4i punya aperture f/2.0, yang artinya mempunyai bukaan cahaya lebih banyak sehingga menghasilkan foto yang terang dan jernih. Fitur lainnya adalah mode panorama, beautify, HHT (malam), timer, serta refocus untuk mengatur ulang fokus pada gambar hasil jepretan.

Sementara kamera depannya, 5MP, dengan aperture f/1.8, dengan wide angle 80 derajat. 

5. Dukungan software

Seperti ponsel Xiaomi lainnya, Mi 4i mendapatkan dukungan software yang terjamin, pembaruan software selalu tersedia dengan cepat. Khusus untuk Mi 4i, ini merupakan ponsel pertama Xiaomi yang sudah bersistem operasi Android 5.0 Lollipop ketika diluncurkan.

Hampir semua ponsel Xiaomi mendapatkan dukungan software yang tergolong cepat, update-update terbaru selalu tersedia via MUI Forum di laman resminya. Tools "Updater" yang tersedia di layar Home Mi 4i juga memudahkan pengguna memperbarui software ponsel.

6. Harga

Harganya yang hanya Rp2.799.000, Mi 4i tercatat masih paling terjangkau karena sedikit lebih murah dari pesaing utamanya ASUS ZenFone 2 model 16GB yang berharga hampir Rp3.000.000. Kapasitas baterai Mi 4i juga lebih besar karena ZenFone 2 model itu hanya 3000 mAh.

Pesaing dekat lainnya adalah Samsung E5 dan J5, namun dua ponsel yang harganya lebih mahal itu--sekitar Rp3.000.000-an--, salah satunya hanya berpenyimpanan internal 8GB, sedangkan kameranya hanya 8MP di belakang dan 5MP di depan.

Samsung J5 memang berkamera utama sama, 13MP dan 5MP, tapi penyimpanan internalnya hanya 8GB. Kapasitas baterai Samsung E5 maupun J5 juga lebih kecil dibanding Mi 4i.

Tapi, dari semua ulasan di atas, semua terserah Anda mau beli yang mana, TechReviews hanya mencoba memberi referensi.

COPYRIGHT © Teclovers.com 2015

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply