Baidu digandeng Kemenpar promosikan pariwisata

  • Internet
  • 25 Februari 2016
  • Black Teclovers
Baidu digandeng Kemenpar promosikan pariwisata
Kerja sama Baidu Indonesia dan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.
Jakarta (Teclovers) - Baidu, perusahaan search engine China, digandeng Kementerian Pariwisata untuk bersama-sama mempromosikan tujuan-tujuan wisata Indonesia kepada masyarakat di negara dengan populasi terbesar dunia itu.

"Jumlah wisatawan Tiongkok yang melakukan kunjungan keluar negeri dari tahun ke tahun terus memperlihatkan trend peningkatan yang signifikan. Di tahun 2015, jumlah wisatawan Tiongkok yang bepergian keluar negeri bahkan mencapai lebih dari 100 juta orang," kata Menteri Pariwisata Indonesia Arief Yahya dalam acara bersama Baidu di Jakarta, Kamis.

Bagi Indonesia, tingginya minat masyarakat Tiongkok untuk melakukan perjalanan keluar negeri merupakan potensi besar yang harus digarap secara strategis agar target mendatangkan 10 juta wisatawan Tiongkok pada 2019 tercapai, bahkan terlampaui.

Arief Yahya menambahkan, dukungan mitra yang mampu membantu meningkatkan edukasi kepada wisatawanTiongkok terhadap pariwisata Indonesia sangat diperlukan, mengingat tingkat ketertarikan mereka untuk mengunjungi Indonesia masih rendah.

Di tahun 2015, jumlah wisatawanTiongkok yang berkunjung ke Indonesia mencapai sekitar 1,1 juta orang. Angka yang masih relatif kecil dibandingkan dengan jumlah keseluruhan wisatawan Tiongkok yang berwisata keluar negeri.

"Melihat profil wisatawan Tiongkok yang mayoritas berusia di bawah 45 tahun dan 83 persen menjadikan informasi berbasis Internet atau online sebagai salah satu referensi utama dalam menentukan destinasi wisata, kami memutuskan untuk menggandeng Baidu," tambah Arief Yahya.

Bao Jianlei, Managing Director Baidu Indonesia, mengatakan, kepercayaan yang diberikan oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia kepada Baidu sungguh membanggakan. Baidu saat ini memiliki sekitar 600 juta pengguna di Tiongkok.

"Kami  juga merupakan perusahaan mesin pencari nomor satu di Tiongkok dengan pangsa pasar lebih dari 79 persen, dan salah satu produk kami, Baidu Travel, merupakan salah satu platform perjalanan nomor satu di Tiongkok," katanya.

Melalui kemitraan ini, Baidu juga akan berkontribusi dalam penyelenggaraan serangkaian lokakarya yang bertujuan untuk mengedukasi para penyedia informasi dunia pariwisata Indonesia secara online, seperti biro perjalanan, pengelola destinasi wisata dan penyedia layanan penginapan atau perhotelan.

"Menyediakan informasi online yang informatif dengan gaya penyajian menarik sesuai perspektif masyarakat Tiongkok merupakan salah satu kunci penting dalam memikat mereka untuk mengunjungi Indonesia. Sebab, mayoritas dari wisatawan Tiongkok akan menggunakan sumber-sumber informasi online sebagai referensi utama dalam menentukan destinasi yang hendak mereka kunjungi."

COPYRIGHT © Teclovers.com 2016

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Recommended

Latest Posts

Tips & Trik

Computing & Software

Tag Terpopuler