Pasar terbesar Alfacart.com bukan Jakarta, tapi Jatim

  • Internet
  • 12 Oktober 2016
  • Black Teclovers
Pasar terbesar Alfacart.com bukan Jakarta, tapi Jatim
CEO Alfacart.com Catherine Hindra Sutjahyo
Jakarta (Teclovers) - Pasar terbesar toko online Alfacart.com ternyata bukan Jakarta tapi Jawa Timur, yang didorong pertumbuhan signifikan di Malang dan Sidoarjo.

Diungkapkan CEO Alfacart.com Catherine Hindra Sutjahyo, Jawa Timur berkontribusi 42% terhadap transaksi Alfacart.com untuk saat ini, baru diikuti Jabodetabek dengan 33,6%, kemudian Jawa Tengah 17,55%, melengkapi tiga pasar terbesarnya.

Untuk peringkat per kota, Malang menjadi kota dengan jumlah transaksi terbesar pertama (12,061%) dan Sidoarjo berada di posisi ketiga (6,061%) setelah DKI Jakarta (14,212%).

"Data transaksi terbaru Alfacart.com di tiga bulan pasca peluncuran sangat menggembirakan bagi kami karena selain kehadiran Alfacart.com disambut baik oleh pasar, kami juga menemukan fakta baru bahwa pasar e-Dagang tidak lagi hanya terkonsentrasi di wilayah Jakarta dan sekitarnya."

"Wilayah di luar Jakarta, seperti Malang dan Sidoarjo, serta kota-kota lain seperti Rembang dan Klaten, Jawa Tengah, Pontianak, serta Makassar pun menjadi pasar yang harus semakin kami cermati agar kami kian tepat dalam menghadirkan layanan yang sesuai dengan karakteristik kebutuhan mereka yang tentunya sangat beragam,” kata Catherince menjelaskan, seperti disampaikan dalam siaran persnya.

Catherine menambahkan, banyaknya transaksi dari luar wilayah Jakarta mengindikasikan tingginya keinginan konsumen, terutama yang tinggal di daerah-daerah, untuk mendapatkan kesempatan yang sama dalam memperoleh barang atau produk-produk terkini, dengan kualitas sama, periode waktu yang tidak berbeda, dan harga yang tidak terlalu timpang atau bahkan setara.

"Melalui pembelian di Alfacart.com, kebutuhan-kebutuhan tersebut dapat terpenuhi."

Selain belanja fashion dan gadget, pelanggan Alfacart.com memiliki keunikan preferensi belanja tersendiri, dimana mereka juga meminati belanja kategori-kategori yang selama ini banyak dipilih konsumen untuk belanja langsung, seperti belanja makanan dan minuman, belanja keperluan rumah dan dapur, serta belanja untuk perlengkapan kantor.

Untuk kategori makanan dan minuman bahkan menempati posisi teratas di beberapa kota, termasuk Malang dan Sidoarjo. Kategori produk-produk lain dari Alfacart.com yang kini banyak diminati adalah kategori kebutuhan bayi, anak dan mainan, kesehatan dan kecantikan.

Dari laporan triwulan Alfacart.com, pendekatan belanja O2O (online to offline) khususnya Layanan Pick Up di Toko Alfamart mendapatkan respon tinggi dari para pelanggan, baik pelanggan di wilayah Jakarta yang terkenal dengan gaya hidup urbannya, maupun pelanggan di luar Jakarta.

Sebanyak 84% pelanggan di wilayah Jakarta dan 90,73% pelanggan di luar Jakarta melakukan pengambilan barang di toko Alfamart yang berfungsi sebagai pick up point.

Toko belanja online jaringan Alfa, Alfacart.com, yang diluncurkan Mei lalu itu sekarang didukung sekitar 7000 toko Alfamart di seluruh wilayah Indonesia.

COPYRIGHT © Teclovers.com 2016

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Recommended

Latest Posts

Computing & Software

Tech Spec

Tag Terpopuler