Android masih dominan, Windows Phone turun 10%

  • Berita
  • 4 Desember 2015
  • Black Teclovers
Android masih dominan, Windows Phone turun 10%
Pasar smartphone 2015 menurut research IDC yang dirilis 2 Desember 2015.
Jakarta (TecLovers) - Perusahaan riset pasar International Data Corporation (IDC) menyatakan pasar ponsel tahun ini diperkirakan tumbuh 9,8%, dengan dominasi tetap dipegang platform Android.

Dalam laporannya, IDC menyebut pasar smartphone 2015 akan mencapai total 1,43 miliar unit atau naik 9,8% saja, pertumbuhan satu digit pertama dalam sejarah karena melemahnya pertumbuhan di Asia Pasifik (termasuk Jepang), Amerika Latin, dan Eropa.

Namun, di luar dugaan, pertumbuhan kuat justru terjadi di Timur Tengah dan Afrika dengan total pengiriman diperkirakan tumbuh hampir 50% (yoy) mengalahkan pasar yang sedang tumuh seperti India dan Indonesia.

Dengan masifnya perkembangan ponsel Android murah dengan spesifikasi menjanjikan, platform buatan Google itu masih mendominasi pasar dengan total pengiriman smartphone mencapai 1,161 miliar unit atau menguasai 81,2% pangsa pasar.

Meskipun dominan, pertumbuhan Android masih kalah dengan iOS yang tumbuh 17,3% tahun ini dengan pangsa pasar 15,8% dan total pengiriman 226 juta unit.

Sementara Windows Phone dengan segala upayanya, pertumbuhannya justru turun pada tahun ini sekitar 10,2% dengan total pengiriman 31,3 juta unit dan pangsa pasar hanya 2,2%.

Sedangkan platform lain di luar tiga itu, menurut IDC, menguasai 0,8% pangsa pasar, pertumbuhan turun 16,8%, dan total pengiriman 11,3 juta unit.

COPYRIGHT © Teclovers.com 2015

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Recommended

Latest Posts

Berita

Gadget

Tag Terpopuler