BlackBerry kritik Apple dan Netflix

  • Berita
  • 23 Januari 2015
  • Black Teclovers
BlackBerry kritik Apple dan Netflix
CEO BlackBerry John Chen
Jakarta (TecLovers)- CEO BlackBerry John Chen mengkritik Apple dan Netflix mengenai Net Neutrality yang sekarang sedang didorong oleh Presiden AS Barack Obama untuk menjadi satu ketentuan.

Dalam posting blog yang mengadaptasi surat BlackBerry untuk pejabat Komite Senat AS, John Thune, dan beberapa lainnya, John Chen menggarisbawahi bahwa mengenai definisi Net Neutrality yang di dalamnya termasuk netralitas operator komunikasi dan netralitas aplikasi atau konten.

Namun sayangnya, tidak semua penyedia konten dan aplikasi telah mengadopsi keterbukaan dan netralitas, tulis John Chen dalam satu posting tertanggal 21 Januari ini di blog resmi BlackBerry.

"Tidak seperti BlackBerry, yang memfasilitasi pengguna iPhone mengunduh dan menggunakan layanan BBM kami, Apple tidak memungkinkan pengguna Android atau BlackBerry mengunduh layanan perpesanan iMessage Apple," kata Chen.

Chen menyebutkan, Netflix, yang tegas menganjurkan netralitas operator, telah mendiskriminasi pelanggan BlackBerry dengan menolak untuk membuat layanan streaming film untuk mereka.

Banyak penyedia aplikasi lainnya yang menawarkan layanan hanya untuk pengguna iPhone dan Android.

Dinamika itu, kata Chen, telah menciptakan dua bagian ekosistem broadband nirkabel (wireless), dimana pengguna iPhone dan Android mendapatkan akses jauh lebih banyak konten dan aplikasi dibanding pengguna perangkat dengan sistem operasi lainnya.

"Ini justru bentuk praktik diskriminasi yang pendukung netralitas kritikkan pada tingkat operator," tegas John Chen.

Oleh karena itu, menurut Chen, netralitas harus dimandatkan pada layer konten dan aplikasi jika kita ingin benar-benar Internet bebas, terbuka, dan tanpa diskriminasi.

Semua pelanggan broadband nirkabel harus memiliki kemampuan untuk mengakses aplikasi yang sah dan konten yang mereka pilih, dan penyedia aplikasi/konten harus dilarang melakukan diskriminasi berbasis sistem operasi mobile pelanggan.

COPYRIGHT © Teclovers.com 2015

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply