Google kenalkan Android M

  • Gadget
  • 29 Mei 2015
  • Black Teclovers
Google kenalkan Android M
Google Android M
Jakarta (TecLovers) - Google dalam acara Google I/O di San Francisco, Kalifornia, AS 28-29 Mei ini mengumumkan versi lanjut Android yang disebutnya sebagai Android M edisi Developer Preview.

Dalam Android M, Google fokus pada peningkatan pengalaman pengguna inti Android, memperbaiki ribuan bug, untuk membuat perubahan besar yang fundamental pada platform yang sekarang merajai pasar OS smartphone dunia itu.

Pada Android M Google menghadirkan kontrol aplikasi lebih baik bagi pengguna, dengan menyediakan fitur izin (permission) ketika aplikasi meminta akses satu hal pada smartphone.

Sebagai contoh, saat WhatsApp meminta akses ke microphone pada smartphone pengguna, maka akan muncul pesan permintaan persetujuan "Allow WhatsApp to access your Microphone?"

Android M juga menyediakan fitur App links yang memudahkan pengguna untuk menghubungkan antar-aplikasi.

Kemudian dalam hal konsumsi baterai di smartphone, Android M menawarkan pengelolaan daya lebih pintar, dengan fitur baru yang disebut Doze. Android M akan memungkinkan untuk menonaktifkan aktivitas background aplikasi untuk lebih menghemat baterai.

Google menyediakan dua fitur yang disebutnya sepasang dua fitur besar, yakni Now on Tap dan Android Pay & Fingerprint.

Dengan Now on Tap pengguna bisa mendapatkan informasi relevan seketika mengenai apa yang sedang dibicarakan dengan temannya. Sebagai contoh ketika teman mengirimkan pesan (text) mengenai sebuah nama restoran yang direkomendasikan, Google bisa menemukan daftar menu bahkan reviews mengenai restoran itu.

Informasi cepat yang relevan sesuai yang dibutuhkan pengguna tersebut akan muncul dengan hanya menekan layar.

Sementara Android Pay & Fingerprint, memungkinkan pengguna melakukan pembayaran mobile melalui smartphone Android dengan simpel dan aman karena menggunakan verifikasi sidik jari (fingerprint).

Android Pay telah dikembangkan dengan Near Field Communications (NFC) pada Gingerbread dan Host Card Emulation pada KitKat.

Android M juga telah mengubah cara baru pengembang dalam mengembangkan aplikasinya dan berfokus pada pengalaman inti pengguna.

Sumber: Blog Android Google

COPYRIGHT © Teclovers.com 2015

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Recommended

Latest Posts

Computing & Software

Tech Spec

Tag Terpopuler