Google ubah algoritma lebih mobile-friendly

  • Internet
  • 30 Maret 2015
  • Black Teclovers
Google ubah algoritma lebih mobile-friendly
Mobile-friendly test tools
Jakarta (TecLovers)- Google menyatakan sedang bekerja untuk membuat hasil pencarian menjadi lebih ramah mobile (mobile-friendly), dan perubahan itu akan mulai diaplikasikan 21 April mendatang.

Karena lebih banyak orang yang menggunakan perangkat mobile untuk mengakses Internet, algoritma "kami harus beradaptasi dengan pola penggunaan tersebut", kata Google dalam posting di blog Google Webmaster Central baru-baru ini.

Dengan alasan itu--meskipun sedikit terlambat--, Google mengaku telah membuat pembaruan untuk memastikan sebuah website terkonfigurasi dengan benar dan mudah dilihat di perangkat modern.

Google akan membuat pengguna bisa lebih mudah menemukan halaman web yang ramah-mobile dan mengenalkan App Indexing untuk menampilkan konten yang bermanfaat dari aplikasi.

Dua perubahan penting yang dilakukan Google untuk membantu pengguna lebih mudah menemukan konten via perangkat mobile meliputi:

1. Lebih banyak website ramah-mobile pada hasil pencarian

Perubahan yang akan dirilis 21 April mendatang itu akan berdampak luas pada pencarian mobile dalam semua bahasa di seluruh dunia, dan akan berefek signifikan dalam hasil pencarian Google.

Konsekuensinya, pengguna akan lebih mudah menemukan yang lebih relevan, hasil pencarian kualitas tinggi yang teroptimalisasi pada perangkat mereka.

2. Konten aplikasi lebih relevan di hasil pencarian

Mulai hari ini, Google akan mulai menggunakan informasi dari aplikasi-aplikasi terindeks sebagai faktor dalam perankingan (pemeringkatan) untuk pengguna yang sudah meng-install aplikasi.

Sebagai hasilnya, sekarang Google bisa menampilkan konten dari aplikasi terindeks lebih menonjol dalam pencarian.

Bagi para pengembang atau webmaster, Google juga sudah menyediakan dua tools untuk menguji apakah website Anda sudah mobile-friendly atau belum.

Dan bagi pemilik website yang sudah mempunyai aplikasi mobile alias sudah mobile-friendly, Google sudah menyediakan Mobile Usability Report pada Google Webmaster Tools.

Selamat datang hasil pencarian Google baru: mobile-friendly search result!

Sumber: blog Google Webmaster Central

COPYRIGHT © Teclovers.com 2015

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

Recommended

Latest Posts

Tips & Trik

Gadget

Tag Terpopuler